Home / Pembangunan

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:25 WIB

Pemda Loteng Laksanakan Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2025

Lombok Tengah, Tranews.net. Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah (Pemda) melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) adalah forum bersama pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah langkah penanganan program prioritas, di Kantor Bupati Kabupaten Lombok Tengah, 28 -03.
Yang dihadiri langsung Bupati Kabupaten Lombok Tengah, HL Pathul Bahri, S.Ip. Bapeda Profensi NTB, OPD Lingkup Kabupaten Lombok Tengah, dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Loteng, H. Muhammad membuka acara tersebut dengan Doa untuk keberhasilan pembangunan di Gumi Tatas Tuhu Trasna ini.

Dalam sambutannya Bupati Pathul mengatakan, proses perencanaan pembangunan Tahun 2025, merupakan tahun ke Empat pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (Rpjmd) 2021-2026. Hal demikian membutuhkan perencanaan yang matang sehingga dapat menjawab berbagai permasalahan dan tantangan pembangunan ke depannya, jelasnya.

Selanjutnya Bupati Pathul yang santer disebut akan maju sebagai calon gubernur NTB itu menyampaikan, tentu sekali, setiap tahapan pembangunan memikili dinamika tersendiri. Berbagai peluang terkadang tidak dapat dimanfaatkan dengan baik, dan munculnya tantangan kerap menjadi penghalang dalam suksesnya pembangunan. Oleh karena itu, hal-hal yang menjadi faktor kegagalan maupun pendorong keberhasilan dapat dijadikan sebagai bahan perbaikan pada proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan ke depannya.

Baca Juga :  Apdesi NTB Anggap Pathul Bahri Figur Tepat Untuk Dipilih Dalam Pilgub November Mendatang

Sebagai upaya kita bersama dalam gerak pembangunan yang responsif dan adaptif, pembangunan tahun 2025 mengambil tema “pemantapan pembangunan sumber daya manusia, kemandirian ekonomi, daya saing daerah didukung infrastruktur dan lingkungan hidup berkualitas”, yang berfokus pada upaya meningkatkan kehidupan beragama dan pemajuan budaya daerah, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengentasan kemiskinan, optimalisasi ekonomi kreatif dan daya saing, optimalisasi infrastruktur dan lingkungan hidup berkualitas, transformasi tata kelola pemerintahan dan birokrasi, serta membangun ekosistem riset dan inovasi daerah, ujarnya.

Program kegiatan Tahun 2025 harus bisa menjadi instrumen utama untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi yang mampu meningkatkan pendapatan asli daerah, memperkuat daya tahan ekonomi, serta mampu untuk mengakselerasi daya saing kita, utamanya daya saing investasi.
investasi segera didorong dan difasilitasi untuk direalisasikan. dengan dijadikannya kabupaten lombok tengah sebagai kawasan ekonomi khusus di mandalika, harus kita dukung dengan fasilitasi segala kebutuhan yang diperlukan oleh investor yang berminat. Sementara itu kuantitas dan kualitas sumber daya manusia perlu menjadi perhatian bersama untuk kita tingkatkan, sehingga kita bisa mendapatkan manfaat yang besar sebagai tuan rumah.

Baca Juga :  Seperti Apa!! Persiapan Pelantikan Anggota DPRD Loteng Periode 2024-2029

Dengan memperhatikan kemampuan keuangan daerah yang terbatas, saya juga mengajak para pemangku kepentingan untuk berpikir kreatif dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu diperlukan peran dari seluruh pemangku kepentingan di luar pemerintah daerah.

Bupati Pathul berharap,”sinergi yang terjalin antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta akan memberikan dampak positif bagi pembangunan di Kabupaten Lombok Tengah. kami berharap hasil Musrenbang RKPD ini akan menjadi panduan bersama yang jelas dan terukur bagi pembangunan Kabupaten Lombok Tengah,” harapnya.

Sebagai penutup, sekali lagi kami tegaskan, perencanaan yang telah di susun dengan baik, tidak ada artinya jika tidak dapat dilaksanakan. Namun, setiap pelaksanaan rencana tidak akan berjalan lancar jika tidak didasarkan kepada perencanaan yang baik. Maka, kita harus dapat membuat perencanaan yang tepat dan terukur, sehingga dapat dikerjakan dengan tuntas sesuai yang dicita-citakan.
Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan, saya berharap, kita bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan Kabupaten Lombok Tengah yang beriman, sejahtera, bermutu, maju dan berbudaya. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Pembangunan

TMMD Ke – 117 di Loteng Akan Sasar 6 Desa

Pembangunan

Lagi Rachmat Hidayat bantu 111 KK Warga Desa Lombok Timur Peroleh Rumah Sejahtera Terpadu ( RST ) senilai 2,2 Milyard Kontan !

Pembangunan

Wabup Nursiah Ajak Semua Stakeholder Bantu Cegah dan Turunkan Stunting di Lombok Tengah

Pembangunan

Pemkab Lombok Tengah Bertemu Kemendikbud Ristek Bahas Penanganan Sekolah Rusak

Pembangunan

Bupati Pathul Hadiri Musrenbang RKPD Kecamatan Praya

Pembangunan

Wakil Bupati Lombok Tengah Tinjau Posyandu, Serahkan Bantuan, dan Peringatkan Dampak Stunting

Pembangunan

Pertama di Provinsi NTB , Kabupaten Lombok Tengah meraih WTP 11 Kali Secara Berturut-turut

Pembangunan

Nimba Ilmu di Badung, Bupati Segera Bentuk Mall Pelayanan Publik di Lombok Tengah