Home / Pembangunan

Minggu, 4 Desember 2022 - 08:47 WIB

Nimba Ilmu di Badung, Bupati Segera Bentuk Mall Pelayanan Publik di Lombok Tengah

Bali, TNTranews. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah sedang merancang pelayanan satu pintu secara terpadu. Untuk mewujudkan hal itu Bupati Lombok Tengah mengajak seluruh kepala SKPD untuk belajar terkait Mall Pelayanan Publik (MPP) ke Kabupaten Badung Provinsi Bali.

Turut serta Wakil Bupati , Dr. Nursiah, Sekda, para asisten dan seluruh kepala SKPD.  Kunjungan kerja pemda Kabupaten Lombok Tengah untuk melihat secara langsung pelayanan di MPP Kabupaten Badung, Bali.

Untuk diketahui MPP Kabupaten Badung di mulai sejal tahun 2018 lalu. Dalam perjalannya MPP Badung maju pesat. Pelayanan satu pintu sangat dirasakan bermanfaat bagi masyarakat Badung. MPP Badung sendiri siap mendukung dan bekerja sama dengan MPP Kabupaten Loteng dalam meningkatkan pelayanan perizinan dan non perizinan di Kabupaten Lombok Tengah. Bentuk supporting dari MPP Badung kepada Pemkab Lombok Tengah adalah akan memberikan bantuan aplikasi sistem pelayanan.

Pelayanan yang sudah diberikan di MPP Kabupaten Badung sebanyak 269 jenis pelayanan termasuk instansi bertikal dan BUMN/BUMD. Peningkatan nilai investasi di Kabupaten Badung setelah adanya MPP mencapai 300%  sehingga MPP Badung 3 tahun berturut2 ditetapkan sebagai MPP terbaik di Indonesia

Baca Juga :  Sejumlah Kader Partai Gerindra Sesalkan Pengunduran Diri Ali Jadi Sekjen

Kaitannya dengan Kabupaten Lombok Tengah sendiri keberadaan MPP diharapkan dapat mendukung perbaikan iklim investasi di Lombok Tengah dengan demikian investor akan tertarik berinvestasi di Kabupaten Lombok Tengah.

Untuk menarik investor atau pun wisatawan maka pemerintah daerah akan Memperbanyak event event di Kabupaten Lombok Tengah dan memperbanyak paket wisata untuk meningkatkan lama tinggal wisatawan. Hal itu dikatakan Bupati Lombok Tengah usai berkunjung ke Kabupaten Badung.

Menurut Bupati dengan adanya MPP nanti pelayanan yang bisa didapatkan oleh masyarakat cukup banyak baik itu perizinan nonperizinan serta administrasi lainnya, termasuk pengurusan paspor, BPJS, Kartu Miskin hingga perpanjangan SIM itu semua bisa dilakukan disatu tempat nanti

“Jadi nanti masyarakat tidak perlu mengurus dokumen dari dinas ke dinas, namun cukup disatu tempat” Kata Bupati.

Baca Juga :  Pelantikan dan Rapat Kerja Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kab Lombok Tengah

Melalui pelayanan publik di MPP di Kabupaten Lombok Tengah kata dia, Pemerintah berkomitmen hadir di tengah masyarakat dengan komitmen semua instansi untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat tanpa harus diribetin dengan urusan macam macam di masing masing dinas. “Tujuan agar masyarakat lebih mudah mengakses berbagai jenis layanan publik  oleh semua instansi,” katanya.

Tentunya kata Bupati dalam mewujudkan semua itu harus didukung oleh semua pihak. Sesuatu yang baru tentunya juga akan ada kekurangannya namun perlahan-lahan dibenahi.

Lalu berapa SKPD yang kemungkinan bisa bergabung? Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah Kabupaten Lombok Tengah L. Wiranata mengatakan untuk memulai MPP itu pihaknya harus terlebih dahulu menyiapkan sumber daya manusianya, imprastruktur dan sistem jaringan internet yang kuat. “Kita coba beberapa dinas dahulu, jika semuanya siap baru kita tambah SKPD nya” Tutupnya. (Red.TN Tranews)

Share :

Baca Juga

Pembangunan

Fasilitas Lengkap, Wabup Nursiah Himbau Masyarakat Manfaatkan RSUD Praya

Pembangunan

Secara Virtual Presiden Jokowi Pimpin Penanaman Mangrove Serentak Seluruh Jajaran TNI

Pembangunan

Pemkab Loteng Apresiasi Tax Gathering KPP Pratama Praya

Pembangunan

7 Pejabat Eselon 2 Lingkup Kabupaten Lombok Tengah Dilantik

Pembangunan

Bupati Pathul Lantik Sejumlah Pejabat Pengawas dan Kepala UPTD Puskesmas Loteng

Pembangunan

Rumah Sakit Yatim dan Duafa segera Dibangun di Loteng

Pembangunan

Ini Giat CCF Indonesia Bantu Pugar Ruang Kelas SDN Tampah di Lombok Tengah

Pembangunan

Jalin Aksi Membangun Kolaborasi Riset & Inovasi Daerah, Launching Liga Sinova (Lombok Tengah Innovatip Government Award)