Home / Pendidikan

Rabu, 12 Juli 2023 - 17:17 WIB

Tim Peneliti NIID Jepang dan FK Unram Kunjungi RSUD Praya

Lombok Tengah, TRANEWS. Rumah Sakit Umum Daerah Praya Kabupaten Lombok Tengah Provinsi NTB terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan cara meningkatkan sumberdaya dan teknologi untuk RSUD Praya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas klinik laboratorium mikrobiologi RSUD Praya.

Atas dasar itu tim riset kolaborasi Tricycle ESBL-Ec  melakukan Riset di RSUD Praya. Riset ini merupakan kerjasama antara Fakultas Kedokteran (FK)  Universitas Mataram dengan AMR Research Center NIID (Lembaga Penelitian Nasional) Tokyo Jepang.

Sebelumnya telah berlangsung pelatihan pemeriksaan sample penelitia dari tanggal 8-13 Juli 2023 di laboratorium FK Unram, dengan tim pelatih antara lain adalah Sizuo Kayama, Ph.D, Liansheng Yu, Ph.D. dan Wataru Hayashi, Ph.D.

Baca Juga :  Jalan Bypass Sirkuit Tergenang, TNI & Polri Lakukkan Penanggulangan Awal

Direktur RSUD Praya dr. Mamang Bagiansyah mengatakan, kunjungan tim tersebut karena sebagai  Rumah Sakit memiliki layanan mikrobiologi klinik,” tim peneliti menyempatkan diri berkunjung ke laboratorium mikrobiologi klinik RSUD Praya, dimana penanggung jawab laboratoriun mikrobiologi dr. Dewi Prepti Anggriyani, SpMK merupakan salah satu kolaborator dalam penelitian ini” kata Mamang.

Ketua tim peneliti tricycle FK Unram Dr. dr. E. Hagni Wardoyo, Sp.MK(K) turut hadir dalam kunjungan ini.

Baca Juga :  MOU di Teken Antara UI dan Pemda Loteng Untuk Bidang Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat

Dia  menyebutkan NIID sebagai collaborating partner WHO memiliki tanggungjawab dalam mendukung pelaksanaan riset OneHealth dalam hal ini tricycle ESBL-Ec di Asia Pasifik, dimana Indonesia, Vietnam dan Malaysia sebagai negara pioneer riset kolaborasi ini. Program riset kolaborasi ini akan berlangsung dalam 3 tahun kedepan. Harapannya adalah melalui riset ini dapat dikembangkan kebijakan pengendalian resistensi antimikroba di komunitas manusia, peternakan dan pertanian dan juga rumah sakit. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Siswa Latja SIP Angkatan 52 Polsek Mataram Laksanakan Bakti Sosial

Pendidikan

28 mahasiswa/i UIN Mataram Belajar Kehumasan di Polda NTB

Pendidikan

Tingkatkan Mutu Hasil Produksi Gula Aren Di Langko Mahasiswa KKN Unram Terpadu Gelar Lokakarya

Pendidikan

Membolos !! 20 Pelajar terjaring Pol-PP di Tempat Game VS

Pendidikan

TMMD Ke-117 Kodim Loteng Bangun PAUD di Kampung Rancak

Pendidikan

UPN Veteran Salut Atas Perhatian Bupati Loteng Pada Yatim, Siapkan Slot Buat Calon Dokter Hafiz

Pendidikan

Rachmat Hidayat Bantu Pembangunan Fasilitas Pendidikan Senilai Rp 352 Juta untuk STIT Palapa Nusantara di Lombok Timur

Pendidikan

Pagi Ini Bedah Buku Terlaris dalam Waktu Tercepat di Indonesia, Nurdin Ranggabarani Ajak Aktivis NTB Banjiri Universitas Mataram