Home / Olahraga

Jumat, 15 Desember 2023 - 10:49 WIB

Tim KONI Pusat Turun Cek Kesiapan Venue PON 2028 di Lombok Tengah

Lombok Tengah, TRANEWS. Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dipastikan akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2028 mendatang, bersama dengan Provinsi NTT. Di mana nantinya, venue penyelenggaraan pertandingan dari cabang olahraga (cabor) yang ada akan di sebar ke sejumalah daerah di NTB dan Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) bakal mendapat jatah venue paling banyak Enam cabor.

Sebagai persiapan awal, tim dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat, Kamis (14/12) kemarin, turun ke Loteng. Guna mengecek sejumlah lokasi calon venue penyelenggaran PON 2028 di Loteng. Di pimpin ketua tim Andi Hadianto didampingi sejumlah pengurus KONI NTB dan KONI Loteng. Salah satu venue yang dicek kesiapannya yakni GOR Poltekpar Lombok.

Selain itu, tim juga sempat bertemu dengan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraha (Dispora) Loteng beserta jajarannya. “Jadi hari ini tim dari KONI pusat turun melihat lokasi calon venue PON 2028 yang ada di Loteng,” ungkap Ketua KONI Loteng, M. Samsul Qomar, kepada wartawan, Kamis siang.

Baca Juga :  Event Drag Race 459 2023 Digelar Sebagai Rangkaian HUT Loteng Ke- 78 Berlangsung Aman Dengan Pengawasan Polisi

Ia menjelaskan, Loteng sendiri bakal mendapat jatah menyelenggarakan Enam cabor pada PON 2028 mendatang. Diantaranya cabor voli indoor dengan venue direncanakan di GOR Poltekpar Lombok. Kemudian cabor Taekwondo, venue di GOR Praya, cabor raod race dan sepatu roda di area sirkuit internasional Mandalika serta cabor berkuda di arena pacuan kuda Sasake. Ditambah cabor Paralayang dan paragliding di kawasan Sky Lancing, Mekar Sari.

Memang itu masih usulan. Tetapi kemungkinan besar tidak akan berubah. Sehingga tim KONI Pusat turun untuk memastikan bahwa calon venue sudah ada. Tinggal nantinya KONI pusat bersama dengan pemerintah daerah akan membahas teknis lebih lanjut soal rencana penyiapan venue yang ada. Jika memang dibutuhkan penyesuaian, maka itu akan dibahas bersama. Supaya venue yang sudah disiapkan bisa memenuhi standar yang ditentukan.

Baca Juga :  Kapolda NTB Minta Mahasiswa Awasi Kecurangan Pemilu 2024

“Soal cabor yang akan digelar di Loteng, KONI pusat sudah memberikan gambaran. Rencana venuenya juga sudah disiapkan. Tinggal pemantapan saja,” imbuh Qomar.

Mengingat, penyelenggaran PON 2028 masih cukup lama, pihaknya berharap penyiapan venue yang akan digunakan bisa dicicil. Misalnya, tahun depan venu mana saja yang perlu dipersiapkan. Supaya saat PON berlangsung nantinya semua venue sudah benar-benar siap digunakan serta telah memenuhi standar yang ditentukan.

Tidak kalah penting, dengan penunjukkan Loteng sebagai venue sejumlah cabor PON 2028 tersebut akan semakin menegaskan branding Loteng khususnya sebagai destinasi sport tourism nasional.
“Prinsipnya, soal lokasi venue PON di Loteng sudah ada. Tinggal persiapan lebih lanjut. Supaya bisa sesuai dengan ketentuan yang ada. Dan, dalam hal ini Loteng siap menjadi tuan rumah gelaran PON 2028 mendatang,”tegas Wakil Ketua DPW Partai Perindo NTB ini. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Olahraga

Pastikan “Ready to Race”, Bupati Pathul Tinjau Perbaikan Sirkuit 459 dan Jembatan Lantan

Olahraga

Grand Opening Liga Voli Divisi I oleh Sekjen PBVSI

Olahraga

Songsong Liga 3 NTB 2023, Lombok FC Perkenalkan Pelatih Baru

Olahraga

Bupati Pathul Serahkan Hadiah Sepeda Motor Kepada Juara Kerjurprov Motor Cross Lantan

Olahraga

Ribuan Atlet Karate Ikuti Open Karate Championships Bupati Cup 2 Tingkat Nasional

Olahraga

Sebelum Turnamen Resmi Barcelona Football Festival, Tim ISA Lombok FC Pecundangi Klub Asal Irlandia Manortown United FC di Spanyol

Olahraga

Polres Loteng Siap Sukseskan Event (PGAWC) Paragliding Accuracy World Cup 2023

Olahraga

Lepas Atlet Judo, Bupati Pathul Minta Jaga Nama Daerah