Home / Peristiwa

Kamis, 10 Agustus 2023 - 20:40 WIB

Seni Peresean Meriahkan Penutupan TMMD Ke-117 Di Lombok Tengah

Lombok Tengah, TRANEWS.net. Upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -117 di wilayah Lombok Tengah, seni Peresean meriahkan acara penutupan yang di gelar di Lapangan umum desa Jontlak Praya Kabupaten Lombok Tengah, (10-08)

Upacara penutupan TMMD ke-117 yang di gelar dengan penuh semangat dan kegembiraan di pimpin langsung oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti dan dihadiri oleh Forkopimda Lombok Tengah serta berbagai kalangan masyarakat setempat dan pejabat daerah.

Pertarungan peresean adalah tradisi dan budaya khas suku Sasak Lombok, menjadi puncak dari rangkaian acara penutupan TMMD. Dengan penuh kelincahan dan keahlian, para peserta peresean memukau penonton dengan gerakan-gerakan yang ciamik serta taktik bermain yang menghibur.

Baca Juga :  Jelang Hari Raya Idul Fitri, Kodim 1620/Loteng Gelar Bazar Murah Di Pasar Renteng

“Seni pertarungan peresean ini tidak hanya menghadirkan keseruan bagi penonton yang hadir, tetapi juga menjaga warisan budaya lokal agar tetap hidup dan dilestarikan,” ujar Dandim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara usai acara, Kamis (10/8/2023).

Menurutnya, bahwa melalui acara penutupan TMMD tersebut tidak hanya berhasil melakukan berbagai kegiatan fisik untuk memperbaiki infrastruktur desa, tetapi juga berhasil mempererat tali persaudaraan antara TNI, masyarakat, dan pemerintah daerah. Dengan melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan, TMMD mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah tersebut.

Tidak hanya itu, acara penutupan TMMD di Lombok Tengah juga dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan seni dan budaya daerah suku Sasak seperti tarian tradisional dan gendang beleq yang menjadi alat musik tradisional yang sudah di kenal.

Baca Juga :  Berikut Pokok Pokok Penting Kegiatan Dewan Loteng di 2023

“Semua kegiatan ini berhasil menciptakan suasana meriah dan kebersamaan yang hangat di antara semua peserta yang hadir maupun bisa memberikan sensasi acara terasa hangat,” kata Dandim

Pertarungan peresean sebagai highlight acara telah membuktikan pentingnya melestarikan budaya lokal dalam upaya pembangunan dan pengembangan wilayah. Acara TMMD di Lombok Tengah tidak hanya berhasil dalam hal pembangunan fisik, tetapi juga telah menjadi ajang yang mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pelestarian warisan budaya dan kebersamaan dalam mencapai kemajuan daerah,” tandas Dandim. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Kapolres Loteng Gelar Bhakti Religi Safari Jumat Di Kecamatan Janapria

Peristiwa

Berikan Arahan Polisi Lingkungan Polresta Mataram, Djoko Poerwanto : Jadi Polisi Jangan Tanggung

Peristiwa

Simulasi Pemungutan dan Pengitungan Suara Pemilu 2024 Di Leneng Dalam Pengamanan Polres Loteng

Peristiwa

Anjing Pelacak K9 Diturunkan streilisasi Sirkuit MotoGP The Mandalika

Peristiwa

Cegah Pertikaian Meluas: 1 SST Personel Kodim Loteng Bubarkan Konsentrasi Masa Di Jln. Bypass Bandara – Mandalika

Peristiwa

Ratusan Pelanggar Terjaring Selama Ops Keselamatan Rinjani 2024 Polres Loteng

Peristiwa

598 Personel Gabungan TNI-Polri dan Dishub, Pol.PP di Terjunkan Amankan Festival Bau Nyale

Peristiwa

Polri Gelar Awarding Day dalam Perayaan Hari Bhayangkara Ke-77