Home / Budaya

Jumat, 15 Maret 2024 - 09:34 WIB

Safari Ramadan 1445 H. Ajang Silaturahmi dan Perekat Hubungan Pemda Loteng Dengan Masyarakat Tatas Tuhu Trasna

Lomba Tengah, TRANEWS. Bupati Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), HL. Pathul Bahri bersama rombongan melakukan rangkaian kegiatan safari Ramadan 1445 Hijriah di Kecamatan Batukeliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Kamis, (14/3) malam.

Dalam sambutannya, orang Nomer Satu di Lombok Tengah itu, menyatakan dalam beberapa tahun terakhir, Lombok Tengah mengalami peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) pada tahun 2022, IPM berada di angka 69,57 poin naik menjadi 70,41 poin pada tahun 2023.

Hal ini, lanjut Bupati Pathul menunjukkan sebuah kemajuan bagi masyarakat Lombok Tengah, mengingat IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup masyarakat. ” IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya,” ujar Bupati Pathul.

Lebih jauh, Ketua DPD Partai Gerindra Nusa Tenggara Barat (NTB) itu mengatakan, Lombok Tengah juga menunjukkan pertumbuhan ekonomi tertinggi di NTB dengan angka 5,77%. Hal ini menandakan jika pemerintah daerah Lombok Tengah, telah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakatnya.
Sedangkan tingkat kemiskinan mengalami penurunan berada di bawah provinsi yaitu mencapai 12,93%. dan tingkat pengangguran juga turun dari 3,74% menjadi 2,33%. Fakta ini menunjukkan bahwa program-program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten Lombok Tengah, telah memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat.

Baca Juga :  Kasdim 1620/Loteng Pimpin Kegiatan Penyelenggaraan Komsos Dengan KBT

Saat ini pemerintah kabupaten Lombok Tengah telah menetapkan program unggulan yang dicanangkan untuk mensejahterakan masyarakat, beberapa program unggulan tersebut antara lain peningkatan insentif untuk marbot dan guru ngaji. terdapat 1.642 marbot dan 500 guru ngaji yang mendapat insentif.

Selain itu juga terdapat program jaminan kesehatan bagi tuan guru dan pemuka agama. pemerintah kabupaten Lombok Tengah memberikan kartu Maiq Meres kepada 327 tuan guru atau tokoh agama sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka dalam membentuk karakter masyarakat yang berakhlak mulia.
“Pemerintah daerah Lombok Tengah juga melakukan pengembangan UMKM serta memberikan asuransi bagi petani dan nelayan,”terangnya.

Tidak dalam hal itu, namun pembangunan fasilitas olahraga juga dilakukan di kecamatan, serta tidak lupa melakukan ikhtiar perbaikan infrastruktur jalan kabupaten menuju mantap 100%.
Program insentif untuk kepala dusun berupa sepeda motor juga telah diberikan. Pemerintah daerah lombok Tengah juga berkomitmen untuk memberikan akses internet untuk semua masyarakatnya, sekaligus memberikan insentif bagi pemuda berprestasi.

Sementara itu untuk peningkatan kualitas pelayanan publik, kita telah membangun Mal pelayanan publik dengan 160 jenis pelayanan. hal ini juga di topang oleh kebijakan untuk memberikan insentif investasi yang mudah dan cepat bagi investor yang ingin berinvestasi di Lombok Tengah. “Kita dukung semua investor yang akan berinvestasi di Lombok Tengah,” terangnya.

Baca Juga :  Jelang Lebaran, Kapal dan Pelabuhan di Kayangan Diperiksa Polairud Polda NTB

Bidang pariwisata, di mana Lombok Tengah telah ditetapkan sebagai salah satu dari lima destinasi pariwisata super prioritas oleh pemerintah pusat, tidak hanya berfokus pada pengembangan KEK Mandalika saja. Namun juga berkomitmen mengembangkan setiap potensi pariwisata yang ada di tingkat desa agar dapat menjadi desa wisata berkelas.

Bupati Pathul mengingatkan, bahwa kunci sukses setiap program yang dicanangkan adalah komitmen kebersamaan di antara kita agar selalu kompak dalam membangun Lombok Tengah. Kita harus terus memperkuat persatuan dan kesatuan, dan tidak boleh terpecah-belah oleh perbedaan pandangan atau kepentingan pribadi. hal ini sangat penting dan menjadi modal utama kita untuk mewujudkan segala hal yang kita cita-citakan.

“Segenap jajaran pemerintah kabupaten Lombok Tengah, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap masyarakat Kecamatan Batukliang Utara, atas doa dan dukungan bagi kami dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi gumi tatas tuhu trasna,” pungkasnya. (red. TN).

Share :

Baca Juga

Budaya

Polres Loteng Himbau Pengelola Parkir Di Objek Wisata Untuk Tidak Naikkan Tarif Selama Lebaran

Budaya

Jaga Kondusifitas Jelang Ramadhan, Kapolres Loteng Gelar Silaturrahmi Dengan Wartawan

Budaya

Tekan Angka Laka Lantas, Sat Lantas Polres Lombok Tengah Buat MOU dengan Pemilik Rental

Budaya

140 Pedagang UMKM Ikut di Car Free Night Loteng

Budaya

“Kuasa Kata” dalam Pertemuan Kecil

Budaya

Mi6 : KPU – Bawaslu Perlu Bentuk Tim Task Force Bayangan untuk antisipasi dan cegah serangan Klenik

Budaya

Ini Kiprah Sosok Budayawan Perempuan Asal Lombok Timur

Budaya

Begawe Jelo Yesek Libatkan 2023 Peyesek Akan Pecahkan Record Muri di Sukara