Home / Budaya

Minggu, 5 November 2023 - 10:13 WIB

Ribuan Kadus Dari 12 Kecamatan Di Loteng Dan Puluhan Pejabat Eselon II dan II, Touring Religi Ziarah Makam Dipimpin Bupati Pathul

Lombok Tengah, TRANEWS. Touring Religi Ziarah Makam dan situs bersejarah dikuti oleh sekitar 2200 peserta.

Touring di pimpin Bupati Lombok Tengah. Ikut pula Wakil Bupati Lombok Tengah, Sekretaris Daerah dan seluruh pejabat eselon II dan III. Ikut pula seluruh Kepala Desa dan staf desa serta para Kadus masing masing desa di 12 kecamatan yang ada di Lombok Tengah.

Touring ziarah makam dibagi dalam Tiga Zona yakni zona Aik Meneng terdiri dari 4 Kecamatan yakni Kecamatan Batukliang, Batukliang Utara, Pringgarata dan Kopang.

Tunjung Tilah terdiri dari Kecamatan Janapria, Praya, Praya Tengah dan Jonggat sedangkan rombongan terakhir adalah Zona Mpak Bau terdiri dari Kecamatan Praya Timur, Pujut, Praya Barat dan Praya Barat Daya.

Masing masing zona di sekat dengan pengawalan buka tutup dari Kepolisian, Pol PP dan Perhubungan. Meskipun jalanan dipenuhi pengendara ziarah makam namun pengendara tanpak tertib. Hingga sampai Sembalun perjalanan berjalan lancar dan aman.

Titik kumpul peserta touring di Kantor Bupati Lombok Tengah. Kemudian menuju Makam Almarhum TGH Makmun pendiri Yayasan Darul Muhajirin. Ditempat ini Bupati dan rombongan diterima langsung Ketua Yayasan Darul Muhajirin TGH. Syamsu Rizal. “Kedatangan kami ingin bersilaturahmi dengan pengurus dan berziarah sekaligus memohon-mohon doa agar diberikan kemudahan dan kekuatan serta kelancaran dalam membangun Lombok Tengah ini” kata Bupati

Baca Juga :  Wabup Dr. Nursiah: Tingkatkan SDM Pengelolaan Anggaran Pembekalan Teknis APBD Tahun Anggaran 2024

TGH Syamsul Rizal pimpinan Ponpes Darul Muhajirin menyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan Bupati dan rombongan berziarah di makam almukaramun Tuan Guru Makmun.

Usai di Ponpes Darul Muhajirin, rombongan bergerak menuju Ponpes Manhalul Ulum untuk berziarah ke makam Tokoh NU sekaligus pendiri Ponpes Manhalul Ulum Praya TGH.M.Faisal. Bupati dan rombongan diterima Pimpinan Ponpes Manhalul Ulum TGH. L. Habiburahman Faisal untuk berzikir dan doa.

Selanjutnya rombongan bergerak menuju Ponpes Yatofa Bodak. Ditempat ini Bupati bersama rombongan berziarah ke makam pendiri Ponpes Atohiriyah Al Fadiliyah (Yatofa) TGH. Fadil Tohir. TGH. Fadli Fadil Tohir menyambut kedatangan Bupati Lombok Tengah beserta rombongan.

Setelah berdoa dan zikir, rombongan kemudian menuju Makam TGH L.Saleh Salist atau Tuan Guru Lopan. Ditempat ini Bupati diterima Tuan Guru H.L.Malasyari.

Usai Zikri , Bupati Pathul dan rombongan kemudian bergerak ke Makam Pahlawan TGH Maulana Syeh Zainuddin Abdul Madjid Pancor Lombok Timur melalui jalur Janapria, arah Selatan menuju Desa Ganti Kecamatan Praya Timur dan belok kiri menuju Keruak dan belok kiri menuju Pancor.

Ditempat Makam Maulana Syeh, Bupati diterima langsung PJ.Bupati Lombok Timur Juaini Taufik dan jajarannya.

PJ Bupati Lombok Timur Juaini Taufik mengaku kagum dengan Bupati Lombok Tengah yang mengajak seluruh pejabat dan jajaran Kepala Desa dan Kepala Dusun ziarah makam. Ini kata Oh Bupati adalah kegiatan pertama kali dilakukan oleh Kepala Daerah dengan jumlah peserta sebanyak ini. Tentu kata Bupati, dirinya bersama dengan seluruh jajaran dan masyarakat Lombok Timur berterimakasih dan mengapresiasi kegiatan ziarah makam ini. “Tidak ada kata yang bisa kami sampaikan selain ucapan terimakasih atas kegiatan ziarah makam dan silaturahmi ini, semoga dilancarkan perjalanannya” kata Juaini, kemarin (04-10).

Baca Juga :  Poltekpar Lombok Mulai Terapkan Teaching Industry Sebagai Program Unggulan

Usai berziarah ke makam Pahlawan Nasional dan zikir serta berdoa keselamatan, Bupati kemudian bergerak menuju Makam Raja Seleparang di Desa Selaparang Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur. Disini Bupati diterima Kepala Desa Seleparang dan Camat Suela.

Bersama rombongan Bupati berdoa dan berzikir di Makam Raja Seleparang dan keluarganya itu. Selanjutnya Bupati dan rombongan bergerak menuju Sembalun.

Untuk hari pertama Touring ziarah Makam ini, Perjalanan lancar tanpa insiden.

Hari ini, Minggu 5/11/2023, Bupati Pathul dan rombongan touring ziarah makam akan menuju Masjid Kuno Bayan dan Makan Siang di Kantor Bupati Lombok Utara bersama Bupati Lombok Utara dan jajarannya. Setelah itu bergerak menuju Makam Loang Balik Mataram dan terakhir ke Makam Tuan Guru Bengkel, Lombok Barat. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Budaya

Begawe Jelo Yesek Libatkan 2023 Peyesek Akan Pecahkan Record Muri di Sukara

Budaya

Teladani Perjuangan Founding Fathers Bangsa Indonesia, Rachmat Hidayat Pimpin Doa Dimakam Bung Karno di Blitar

Budaya

Ratusan Pelaku Pariwisata “Begawe” 3 Hari 2 Malam, Akan Meriahkan Kejurprov 459 Lantan

Budaya

Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan, Bupati Buka Lomba Masak Forikan

Budaya

Tiga PJU Polda NTB dan 2 Kapolres Jajaran Laksanakan Sertijab

Budaya

Muslimah NU Berbagi Untuk Anak Yatim di 12 Kecamatan

Budaya

Libur Lebaran Idul Fitri 1445 H. Polres Loteng Intensifkan Patroli Ke Obyek Wisata

Budaya

Polres Loteng Himbau Pengelola Parkir Di Objek Wisata Untuk Tidak Naikkan Tarif Selama Lebaran