Home / Peristiwa

Rabu, 26 Juli 2023 - 10:44 WIB

Program Non Fisik TMMD Masyarakat Labulia Menerima STBA

Lombok Tengah, Tranews.net. Sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan rakyat semakin kuat dalam program kegiatan non fisik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 117, Kodim 1620/ Loteng menggelar sosialisasi tanggap bencana alam (STBA) kepada masyarakat di aula kantor Desa Labulia Kecamatan Jonggat Lombok Tengah, Selasa (26/7/2023).

Sosialisasi tersebut di sampaikan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) pencegahan dan kesiapsiagaan Lalu Kertanayang yang di hadiri Kepala staf Kodim (Kasdim) 1620/Loteng Mayor Inf Muhammad Syukur, Danramil 06/Jonggat Kapten Inf Syaiful, Kades Labulia Mahjat dan para tokoh masyarakat, agama dan pemuda maupun masyarakat setempat.

Baca Juga :  Cegah Faham Radikal, Lat Pra Ops Rinjani 2023 Di Gelar Polres Sumbawa

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi secara langsung mengenai bencana, daerah rawan bencana, ancaman bencana, kerentanan, kapasitas masyarakat dalam upaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana,” Ujar Kasdim usai sosialisasi.

Menurutnya, sosialisasi tanggap bencana tersebut merupakan bagian dari program kegiatan non fisik TMMD, selain beberapa kegiatan fisik yang di laksanakan di beberapa desa, secara terprogram sehingga tujuan akhir dari pelaksanaan semata mata demi kepentingan masyarakat khususnya Lombok Tengah.

“Karena melalui sosialisasi kesiapan tanggap bencana alam ibarat sedia payung sebelum hujan agar masyarakat paham akan kebencanaan,” ungkap Kasdim.

Baca Juga :  Polres Loteng Buka Binlat Penerimaan Anggota Polri Tahun Anggaran 2024

Selain itu, dalam sosialisasi juga di sampaikan beberapa pengkajian kepada masyarakat yang tepat terhadap lokasi, kerusakan dan sumberdaya sebagai penentuan status keadaan darurat bencana. Penyelamatan dan evakuasi masyarakat terkena bencana.

“Sehingga kedepan, ketika terjadi bencana masyarakat mengerti apa yang harus dilakukan dan tindakan yang harus dilaksanakan dalam mengevaluasi diri,” kata Kasdim.

Diharapkan melalui program ini dapat menyebarluaskan hasil pertemuan kepada masyarakat sekitarnya sehingga pemahaman/kapasitas masyarakat mengenai kebencanaan akan makin meningkat,” tandas Kasdim. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Penyelam Asal Amerika Ditemukan Tim Gabungan di Kedalaman 21 Meter Gili Trawangan

Peristiwa

Sat Polair Gandeng Stakeholder Perkuat Cooling System Jelang Pilpres 2024

Peristiwa

Bupati Pathul Terima Penghargaan Katagori Nasional Peningkatan SDM dan Pendidikan

Peristiwa

Catat!! Ops Zebra Rinjani 2023 Polres Loteng Libatkan 150 Personil Gabungan

Peristiwa

Lautan Manusia Antusias Mengikuti Jalan Sehat Satu Abad NU di Loteng, Kendati Hujan Mengguyur

Peristiwa

Polda NTB Gelar Patroli 3 Pilar Pengamanan Natal 2023

Peristiwa

Gubernur Apresiasi Sinergitas TNI-Polri dalam Pengamanan Operasi Ketupat 2023

Peristiwa

Saat Berenang ,Bocah 7 Tahun Asal Dusun Makam, Jelantik Ini Tenggelam