Home / Pembangunan

Senin, 14 Agustus 2023 - 13:59 WIB

Presiden Jokowi Beri Gelar Lombok Tengah Sebagai Kabupaten Penyangga Pangan Nasional

Jakarta, TRANEWS.net. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) berhasil meriah predikat tertinggi sebagai daerah atau Kabupaten Penyangga Pangan Nasional. Predikat atau gelar tersebut diperoleh Kabupaten Lombok Tengah karena berhasil mempertahankan bahkan meningkatkan swasembada pangan khususnya padi di Kabupaten Lombok Tengah dengan demikian Lombok Tengah setiap tahun menjadi penyumbang beras terbesar untuk stok nasional di Provinsi NTB.

Piagam Penghargaan diberikan Presiden Joko Widodo kepada Bupati Lombok Tengah, HL. Pathul Bahri di Istana Negara Jakarta, (14 -08).

Bupati Lombok Tengah mengatakan dengan penghargaan yang diberikan tersebut berbagai kemudahan termasuk bantuan bantuan diberikan pemerintah pusat kepada Kabupaten Lombok Tengah diantaranya bantuan pupuk organik maupun non organik, bantuan bibit unggul berkualitas tinggi termasuk diberikan kewenangan untuk menanam padi di musim ketiga dengan luas lahan ribuan hektar.

Baca Juga :  Bupati Pathul Rakor Program Beasiswa Jalur Tahfiz Tahun 2024

Lanjut Ketua DPD Partai Gerindra NTB itu menambahkan untuk mengantisipasi datangnya musim elnino, Pemerintah pusat membolehkan kepada Kabupaten Lombok Tengah untuk menenam padi pada musim tanam ketiga seluas 4300 hektar dengan di bantu bibit berlabel dan pupuk gratis.

Kemudian untuk musim tanam pertama nanti pada bulan November -Desember Kabupaten Lombok Tengah mendapatkan pupuk kurang lebih 3-4 Liter per hektar, dan pupuk hayati cair termasuk juga pupuk Silika sebanyak 1 liter perhektar untuk 29.620 hektar lahan basah.

“Untuk musim ranam ketiga kita diberikan bantuan benih padi Remediasi dan benih padi Elnino” ungkapnya.

Kepada Kepala Dinas, Penyuluh dan jajarannya hingga ke subak, pekasih yang ada di bawah, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih karena telah bekerja keras bahu membahu memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Lombok Tengah sebab Bupati mengaku untuk menjadikan Kabupaten Lombok Tengah sebagai Kabupaten penyangga pangan nasional bukanlah perkara gampang. “Saya apresiasi kerja keras dinas pertanian dan jajarannya, apa yang kita raih sekarang ini harus terus dipertahankan bahkan ditingkatkan untuk kepentingan masyarakat Lombok Tengah” ujarnya.

Baca Juga :  50 Bacaleg Partai PBB Siap Tempur Kembalikan Kejayaan Partai

Bupati Pathul meminta kepada seluruh SKPD untuk terus berinovasi, berkarya untuk kepentingan masyarakat dan Kabupaten Lombok Tengah yang tercinta ini. “Saya dan satuan pelayan masyarakat akan terus berusaha, berjuang dengan segala daya dan upaya untuk kesejahteraan masyarakat Lombok Tengah, untuk itu kami butuh dukungan semua pihak pihak termasuk juga petani dengan cara patuh terhadap apa yang disarankan ataupun dianjurkan oleh penyuluh pertanian” tutupnya. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Pembangunan

Pendaftaran Penerimaan Anggota Polri Diperpanjang Hingga 17 April 2023

Pembangunan

NPHD Pemilu 2024 di Tanda Tangani Pemda Loteng, Polres Dan Kodim 1620

Pembangunan

Kapolres Loteng Hadiri Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045 Kabupaten Lombok Tengah

Pembangunan

Bupati Loteng Melantik dan Serahkan 7 ASN Jebolan STTD

Pembangunan

Pemda Loteng Laksanakan Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2025

Pembangunan

Ini Giat CCF Indonesia Bantu Pugar Ruang Kelas SDN Tampah di Lombok Tengah

Pembangunan

Desa Semparu Wakili Lombok Tengah Lomba Desa Tingkat Provinsi

Pembangunan

BPS dan Diskominfo Loteng Ground Chek Hasil Sensus Pertanian 2023 Tahap Pertama