Home / Pariwisata

Jumat, 15 Desember 2023 - 08:28 WIB

Poltekpar Lombok Gelar Forum Kehumasan dengan Tema “Perkuat Sinergi Media Massa Menuju Kebangkitan Pariwisata NTB”

Lombok Tengah, TRANEWS. Politeknik Pariwisata (Poltekpar ) Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan Forum Kehumasan dengan Tema “Perkuat Sinergi Media Massa Menuju Kebangkitan Pariwisata NTB”

Direktur Poltekpar Lombok,Dr Ali Muntasom mengatakan,Forum silaturahim dengan Media merupakan hal yg sangat penting,media memiliki kontribusi yang sangat luar biasa dalam memberikan informasi kepada msyarakat sebagai bentuk dukungan dalam memajukan Pariwisata khususnya Pariwisata NTB.

Poltekpar Lombok juga sebagai institusi pendidikan di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi salah satu garda kebangkitan pariwisata di NTB.

Sinergi staikeholder pariwisata tentunya merupakan hal yang sangat penting untuk percepatan kebangkitan pariwisata.

“Kehadiran Poltekpar Lombok diharapkan tidak hanya menjadi kebanggaan Lombok, tapi juga Indonesia,” ungkapnya, saat membuka Forum Kehumasan Poltekpar Lombok dengan tema ‘Perkuat Sinergi Media Massa menuju Kebangkitan Pariwisata NTB’, Kamis 14 Desember 2023 di Swisbell By Pas Bandara Lombok

Lebih lanjut Dr Ali menyampiakan,peran media massa dalam penyampaian informasi perkembangan dan potensi daerah diyakini sangat penting. Sadar akan hal tersebut Forum Kehumasan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok terus memperkuat sinergi bersama awak media di NTB.

Sementara itu,Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr I Gusti Ayu Dewi Hendriyani melalui video taping menyampaikan untuk membangkitkan pariwisata NTB, Poltekpar bersama pemerintah daerah tidak dapat bergerak sendiri. Sinergi sangatlah dibutuhkan, sehingga fungsi media massa sebagai salah satu unsur pentahelix tentu sangatlah penting..

Baca Juga :  Trophy Juara IATC Beda Pratama Diserahkan Bupati Pathul

Poltekpar Lombok memberikan dukungan pada kebangkitan pariwisata NTB dari bidang SDM. Sementara media diharapkan bisa menjadi corong informasi kepada publik terhadap langkah-langkah yang telah ditempuh pemerintah untuk kebangkitan pariwisata NTB.

” Kami mengajak semua pihak untuk dapat sama-sama menjaga iklim investasi di Indonesia, termasuk media yang memiliki peranan besar. “Saya ingin para wartawan terus menjadi mitra yang kritis namun konstruktif,” ujar I Gusti Ayu

Turut hadir dalam kegiatan tesebut Kepala Dinas Pariwisata NTB.Ketua PWI NTB serta puluhan media di NTB.

Tahun 2024,Poltekpar Lombok Ubah Kurikulum Menuju Kampus berbasis ASEAN

Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok terus melakukan terobosan demi menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Di tahun 2024,akan mengubah kurikulum berbasis ASEAN menuju Kampus berbasis ASEAN.

“Tujuan mengubah kurikulum itu, agar lulusan Kampus Poltekpar Lombok memiliki sertifikat keahlian yang bisa bekerja di ASEAN,” kata Direktur Poltekpar Lombok, Dr. Ali Muhtasom, di acara Forum Kehumasan wartawan, Kamis (14/12).

Baca Juga :  Polda NTB Gelar Patroli 3 Pilar Pengamanan Natal 2023

Cak Ali sapaannya menambahkan,guna menuju kurikulum ASEAN, ada beberapa hal harus dipersiapkan seperti memperbaiki sarana prasarana yang wajib memenuhi standar ASEAN.Kemudian proses pembelajaran di Kampus supaya lulusan Poltekpar Lombok benar-benar berkualitas.

Cak Ali mengakui, keberadaan Kampus Poltekpar Lombok terus turut serta membantu pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke-NTB.

Adapun upaya telah dilakukan yakni ikut melakukan pendampingan terhadap beberapa Desa Wisata yang telah di SK kan Pemerintah Provinsi.

“Kami melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibeberapa desa wisata binaan. Tahun 2024, kami akan melakukan pendampingan menurunkan program studi dan melibatkan mahasiswa supaya mereka mengetahui bagaimana melakukan pendekatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Cak Ali berpesan kepada semua pihak untuk terus menjaga keamanan dan kenyamanan karena tahun 2024 mendatang di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika akan terdapat investasi pembangunan hotel bintang Lima sesuai informasi dari hasil Rakornas yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Baparekraf di Bandung.

“Adanya informasi itu, tentu kami harus menyiapkan SDM berkualitas yang berbasis ASEAN,” tutupnya. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Pariwisata

Woo Keren !! Bagi Penonton Butuh Uang Tunai, Panitia Siapkan ATM Mobile Banking di Sirkuit 459

Pariwisata

Keren !! Konser DEWA Gratis dan Terbuka untuk Semua

Pariwisata

Rannya Agustyra Kristiono Gugah Generasi Milenial Cintai dan promosikan makanan khas Suku Sasak

Pariwisata

Bau Nyale Tiba, Masyarakat Dihimbau Jaga Kamtibmas

Pariwisata

Aksi Penggalangan Dana Peduli Palestina Di Alun Tastura Loteng Akan Dipimpin Langsung Bupati Pathul

Pariwisata

Desa Lantan, Kawo, dan Semoyang Wakili Lombok Tengah untuk DGIP 2023

Pariwisata

Begini Cerita Laila Maulidatun, Wisudawan Poltekpar Lombok Asal Jateng Raih IPK 4.00

Pariwisata

Membuka Jalan Kuliner Khas Daerah Naik Kelas, Iman Suryo Wibowo Membangun Modern Bakery Kelas Dunia dari Kota Bima