Home / Pendidikan

Rabu, 10 Juli 2024 - 09:26 WIB

PMB Poltekpar Lombok 2024 Lampaui Target, Bakal Terima 390 Mahasiswa Baru

Lonbok Tengah, TRANEWS. Penerimaan mahasiswa baru (PMB) di Politeknik Pariwisata (Poltekpar)  Lombok sukses diselenggarakan baik melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Pariwisata (SBM Poltekpar) maupun jalur Seleksi Mandiri Masuk (SMM).

Pendaftar dari Kabupaten Lombok Tengah dan Kota Mataram mendominasi PMB dalam empat program studi (prodi) yang di buka Poltekpar Lombok.

Dr Ali Muhtasom menjelaskan, target penerimaan mahasiswa baru Tahun 2024 baik melalui SBM maupun SMM Poltekpar Lombok telah tercapai. Jumlah pendaftar di Poltekpar Lombok berdasarkan yang diploting oleh Kemenparekraf RI sudah melewati dari target yang ditentukan.

“Kalau total targetnya pendaftar kita dari Kemenparekraf  sekitar 862. Nah total pendaftar 900 -an yang masuk. Kemudian yang untuk SMM Poltekpar juga melebihi. Dua-duanya sudah tercapai,” terang Dr Ali Muhtasom kepada awak media, kemarin (9/7/2024).

Pihaknya nanti hanya akan menerima sekitar 390 mahasiswa dari hasil seleksi SBM dan SMM Poltekpar Lombok.

Baca Juga :  Desa Kawo Wakili NTB dalam Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Desa Tingkat Nasional Tahun 2023"

Dr Ali menjelaskan, kenaikan jumlah pendaftar dibandingkan tahun 2023 ini menunjukkan Poltekpar Lombok terus diminati oleh masyarakat.

Menurut Dr Ali,tren pendaftar yang naik ini bisa saja dipengaruhi oleh tren pariwisata yang memang berkembang sehingga menaikkan minat masyarakat untuk terjun di pariwisata.

“Kemudian di Lombok sendiri, industri pariwisata sedang berkembang pesat termasuk industri perhotelan sehingga kebutuhan tenaga kerja juga semakin banyak. Yang itu mungkin kita anggap sebagai peluang oleh masyarakat untuk bekerja di industri pariwisata,” sebut Dr Ali.

Dikatakan Direktur ketatnya persaingan masuk Poltekpar Lombok menunjukkan kualitas dan kompetitifnya mahasiswa yang ingin masuk Poltekpar Lombok.

Antusiasme masyarakat masuk Poltekpar Lombok ini juga karena menggeliatnya investasi pariwisata di NTB.investor mulai percaya diri untuk menanamkan modalnya di Lombok karena adanya ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang pariwisata.

Baca Juga :  Wabup Nursiah Sampaikan Pendapat Akhir dan Ranperda Pembentukan 14 Desa

Poltekpar Lombok akan segera menggelar pleno melalui panitia sembilan untuk memberikan kesimpulan terkait dengan jumlah mahasiswa yang di terima dari total jumlah pendaftar yang ada.

“Karena kemarin ada proses tes skolastik sampai wawancara.Setelah itu kita akan rekap nilainya sesuai dengan kriteria yang ada. Baru kemudian kita akan tetapkan jumlah yang diterima sekian,” beber Dr Ali.

Pihaknya memastikan transparansi penerimaan mahasiswa baru namun Poltekpar Lombok juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru mulai dari jalur kerjasama, beasiswa, kewirausahaan, tidak mampu dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, Poltekpar Lombok hanya mencocokkan sesuai dengan kriterianya saja. Kecuali nantinya jika kuotanya lima sementara pendaftarnya sepuluh, maka pihaknya akan melakukan seleksi. Pihaknya ingin selalu memberikan kemudahan kepada masyarakat melalui berbagai jalur yang tersedia. ( TN-Erwin)

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Direktur Baru Poltekpar Lombok Dr. Ali Muhtasom, Menggantikan Herry Rachmat Widjaya, M.M.,CHE

Pendidikan

“Jihad Santri Jayakan Negeri”, Merupakan Tema Hari Santri Kali Ini

Pendidikan

Wabup Dr. Nursiah Minta Guru TK/PAUD Inovatif dan Kreatif

Pendidikan

Pagi Ini Bedah Buku Terlaris dalam Waktu Tercepat di Indonesia, Nurdin Ranggabarani Ajak Aktivis NTB Banjiri Universitas Mataram

Pendidikan

UPN Veteran Salut Atas Perhatian Bupati Loteng Pada Yatim, Siapkan Slot Buat Calon Dokter Hafiz

Pendidikan

Ini Kata Kepsek SMK 2 Mataram Terkait SPBP Polda NTB

Pendidikan

Woo, Keren, Babinsa Masuk Sekolah Bina Generasi Muda

Pendidikan

Bupati Loteng Siapkan Klinik Yatim Dan Gratis Pengobatan Bagi Anak Yatim