Home / Peristiwa

Minggu, 5 Maret 2023 - 13:33 WIB

PERKAHI NTB Ujudkan Profesionalisme Advokat Lewat Pendidikan

Mataram, Tranews.net. Dewan Pimpinanan Daerah  Perkumpulan Penasihat dan Konsultan Hukum Indonesia (DPD PERHAKHI) NTB menyelenggarakan ujian pendidikan khusus profesi advokat gelombang I tahun 2023.

Ujian yang diikuti 11 orang calon advokat ini diselenggarakan di Hotel Bidari Kota Mataram pada Sabtu (4/3/2023), kemarin.

Sekretaris DPD PERHAKHI NTB, Suherman, SH. MH menerangkan, pelatihan advokat ini mengusung tema “Mewujudkan Akal yang Merdeka dan Sikap yang Profesional Seorang Advokat”.

Tujuannya tak lain bagaimana meningkatkan kemampuan seorang advokat dalam memperjuangkan sepermasi hukum di Indonesia. Di samping itu bagaimana meningkatkan mutu seorang advokat agar betul-betul melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara profesional.

Baca Juga :  Tabrakan Beruntun di Jl. Gajah Mada Mataram , H Resmi Jadi Tersangka, Begini Kronologinya

Dengan demikian, sambung Suherman, maka seorang advokat akan dapat melaksanakan kewajibannya secara utuh untuk ikut andil dalam menegakkan hukum di negara ini. Mengingat penegakan hukum tak hanya bisa di topang dengan keinginan semata, tetapi juga harus dibarengi dengan tambahan referensi hukum. “Atas dasar itulah kemudian pelatihan ini kita selenggarakan,” terang Suherman.

Karena itu juga, kata Suherman lebih jauh, pelatihan ini hanya diikuti 11 orang calon advokat. Pesertanya adalah mareka yang telah mengikuti Pendidikan Profesi Advokat dari 18 peserta yang sebelumnya telah diselenggarakan oleh DPD PERHAKHI NTB.

Artinya, ada beberapa seleksi dan penyaringan yang harus di tempuh para peserta agar betul-betul keluar sebagai advokat dengan bekal ilmu yang mumpuni.

Baca Juga :  Kompak, Gabungan Aktivis Lobar Dukung Dewan Copot Zaini Sebagai Dirut PTAM Giri Menang

Di samping itu, Suherman juga berharap, agar 11 orang peserta yang mengikuti ujian Pendidikan Khusus Profesi Advokat ini dapat menjawab dan senyelesaikan soal-soal ujian dengan lancar dan berkualitas dan semuanya pada lulus. “Agar selepas ini ke 11 peserta ini dapat menjadi advokat yang memiliki akal yang merdeka dan sikap yang profosional,” ujarnya.

Suherman menambahkan, PERHAKHI sebagai organisasi advokat akan terus menyelenggarakan pendidikan seperti ini. Agar kedepannya para advokat betul-betul merdeka dalam menjalankan profesinya. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Lautan Manusia Antusias Mengikuti Jalan Sehat Satu Abad NU di Loteng, Kendati Hujan Mengguyur

Peristiwa

Intelkam Polda NTB Gelar Bakti Sosial di Desa Mareje Dan Sosialisasikan Maklumat Kapolda

Peristiwa

Sikapi Cuaca Ekstrem, Wabup Nursiah Bentuk Satgas Penanganan Bencana Lombok Tengah

Peristiwa

Kapolres Lombok Tengah Pimpin Langsung Pelaksanaan Operasi Pekat 2023

Peristiwa

Perkuat Sinergitas Kapolres Loteng Hadiri Safari Ramadhan Bersama Bupati Lombok Tengah di Praya

Peristiwa

Program Non Fisik TMMD Masyarakat Labulia Menerima STBA

Peristiwa

Polres Loteng Gelar Bhakti Kesehatan Di Atas Kapal Jelang Hari Bhayangkara Ke-78

Peristiwa

Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan Korban Terkahir KM Kristin Yang Terbakar