Home / Peristiwa

Jumat, 16 Juni 2023 - 06:28 WIB

Mako Brimob Kompi A Pelopor Resmi Beroperasi

Lombok Barat, Tranews.net. Polda NTB terus berupaya memperkuat infrastruktur keamanan di wilayahnya dengan meresmikan Markas Komando Kompi A Batalyon Pelopor Brigade Mobil (Mako Brimob) Polda NTB, di Gapuk Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat, (15-06) kemarin.

Kapolda NTB Irjen Pol. Djoko Poerwanto dalam sambutannya, menekankan pentingnya peran Mako Brimob sebagai benteng keamanan yang berfungsi bagi masyarakat sekitar.

“Dengan didirikannya markas komando ini, Kabupaten Lombok Barat akan semakin aman dan nyaman untuk ditinggali,” katanya.

Disebutkan, lokasi pembangunan Mako Brimob Kompi A diambil dari hibah Pemerintah Kabupaten Lombok Barat yang meluangkan lahan seluas 5 hektar.

“Hal ini menunjukkan kerjasama yang erat antara pemerintah daerah dan kepolisian, dalam memperkuat keamanan wilayah. Selain itu, bangunan markas ini didanai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD Murni tahun 2022, yang dialokasikan oleh Pemerintah Provinsi NTB,” jelas Kapolda.

Baca Juga :  598 Personel Gabungan TNI-Polri dan Dishub, Pol.PP di Terjunkan Amankan Festival Bau Nyale

Dijelaskan, kehadiran Mako Brimob Polda NTB di Kabupaten Lombok Barat merupakan langkah positif, dalam memperkuat keamanan dan penegakan hukum di wilayah Lombok Barat.

“Semoga dengan adanya markas komando ini, tingkat kejahatan dapat di tekan dan masyarakat Kabupaten Lombok Barat, dapat hidup dalam keadaan aman, sejahtera dan harmonis,” harap Kapolda.

Dalam kesempatan itu, Kapolda NTB kelahiran Pekalongan, Jawa Tengah itu juga berpesan, kepada masyarakat yang hadir dalam menyikapi tahun politik 2024 mendatang.

“Pilihan bapak-ibu boleh beda, tapi yang tidak boleh beda itu adalah keamanan dan kondusifitas wilayah yang nyaman,” ucapnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Lombok Barat Hj. Nurhidayah, membenarkan jika lahan yang digunakan untuk pembangunan Mako Brimob Kompi A, memang merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.

“Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah, dalam mendukung peningkatan keamanan dan perlindungan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Objek Wisata Menjadi Prioritas Pengamanan Polres Loteng Pasca Hari ke Tiga Lebaran

Sedangkan Komandan Satuan Brimob Polda NTB Kombes Pol. Kamaruz Zaman menyampaikan, Mako Brimob Kompi A Bayalyon Pelopor di Kabupaten Lombok Barat itu, tidak hanya menjadi pusat kegiatan operasional kepolisian, tetapi juga berperan sebagai pusat pelayanan masyarakat.

“Masyarakat sekitar dapat merasakan manfaat langsung dari kehadiran markas komando ini, baik melalui kehadiran personel Brimob yang siap tanggap dalam menangani situasi keamanan, maupun melalui program-program sosial dan pembinaan yang akan dilaksanakan oleh Brimob,” bebernya.

Menurutnya, dengan resmi berdirinya Mako Brimob Kompi A di Kabupaten Lombok Barat, diharapkan dapat meningkatkan tingkat keamanan dan memberikan rasa aman bagi masyarakat setempat.

“Selain itu, markas komando ini juga diharapkan dapat menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia di bidang kepolisian, termasuk untuk memperkuat sinergi antara pemerintah daerah dengan kepolisian, dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif,” tutupnya.(red.TN).

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Delapan Partai Peserta Pemilu 2024 Saat Melakukan Pendaftaran Bacaleg Dalam Pengawalan Polisi

Peristiwa

Polda NTB Kirim 101 Personel Pengamanan KTT ASEAN Summit 2023

Peristiwa

Seni Peresean Meriahkan Penutupan TMMD Ke-117 Di Lombok Tengah

Peristiwa

Wabup Nursiah Minta Skala Prioritas Pada Diskusi Forum Lintas OPD Jangan Asal Anggaran

Peristiwa

PERKAHI NTB Ujudkan Profesionalisme Advokat Lewat Pendidikan

Peristiwa

Perbedaan Adalah Rahmad, Bukan Halangan Membangun Loteng ke Arah Yang Lebih Baik

Peristiwa

Polisi Gencar Sosialisasi Penerimaan Anggota Polri Tahun 2024

Peristiwa

Ujudkan Pemilu 2024 Yang Damai, Jurnalis Loteng Deklarasi Anti Hoaks