Home / Olahraga

Minggu, 26 November 2023 - 16:49 WIB

Lombok – Sumbawa Motocross Menggeliatkan Sektor UMKM NTB

Mataram, TRANEWS. Event Lombok-Sumbawa Motocross sejak tanggal 24-26 November di Sirkuit Tohpati, Kota Mataram, NTB berlangsung sukses terselenggara.

Event juga dimeriahkan konser artis papan atas nasional dan lokal NTB. Artis papan atas Indonesia yang menghibur masyarakat NTB, khususnya peserta Lombok – Sumbawa Motocross adalah The Rain, Isyana Sarasvati, Pamungkas, Jamrud dan Wika Salim.

Dari seluruh rangkaian acara, terutama pada malam puncak penutupan dan hiburan rakyat, Sabtu malam 25 November 2023, di eks bandara Selaparang Mataram, mampu menggeliatkan perekonomian daerah di sektor pariwisata dan UMKM.

“Multiplier effect dari event Lombok Sumbawa Motocross ini sangat luar biasa. Hiburan rakyat Sabtu malam yang dimeriahkan artis papan atas kami perkirakan bisa memutar uang hingga milyaran rupiah di sektor UMKM,” kata Bahrul Ulum, selaku Show Director Penyelenggaran Event.

Baca Juga :  Pemkab Lombok Tengah Bertemu Kemendikbud Ristek Bahas Penanganan Sekolah Rusak

Diketahui pada malam hiburan, Sabtu malam, artis-artis nasional dan lokal secara bergiliran memberikan hiburan bagi masyarakat di eks Bandara Selaparang. Artis-artis yang tampil ini merupakan permintaan dari para kroser dan juga trabaser.

Seluruh konser yang di gelar di eks Bandara Selaparang ini gratis. Artinya, siapapun yang ingin datang menonton dipersilakan masuk, asalkan penonton ini tidak membawa makanan dari luar.

Dalam hal ini, pemerintah telah menyediakan 200 pelaku UMKM yang menjual berbagai jenis makanan dan bisa di beli oleh penonton atau para pembalap dan pecinta otomotif.

Baca Juga :  Polres Loteng Siap Sukseskan Event (PGAWC) Paragliding Accuracy World Cup 2023

Bahrul Ulum memperkirakan masyarakat yang hadir dan menyaksikan malam hiburan dan konser bisa mencapai 45 ribu hingga 50 ribu orang.

“Jika asumsinya tiap orang membelanjakan Rp50 ribu saja, maka sudah bisa terbayangkan bagaimana dampaknya untuk sektor UMKM ini, baik kuliner maupun jajanan rakyat,” katanya.

Diakuinya, Lombok – Sumbawa Motocross Competition ini berdampak besar bagi pariwisata NTB.

“NTB sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) ditetapkan sebagai Provinsi Sport Tourism di Indonesia patut bersyukur diberikan anggaran oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar event berskala nasional ini,” ujarnya. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Olahraga

Jadi Juara Group B, ISA Lombok FC Melaju ke Semifinal Barcelona Football Festival

Olahraga

Muskablub Pertina Loteng, Dandim Letkol Andi Yusuf Terpilih Secara Aklamasi Menjadi Ketua

Olahraga

Lombok FC Gelar Pra-TC di ISA SOCCER ACADEMY, Siapkan Talenta Muda Terbaik untuk Skuad Kijang Rinjani

Olahraga

Bupati Pathul Bersama Ketua DPRD Loteng Buka Kejurnas Grasstrack GTX Region 3 Bali Nusra

Olahraga

Rachmat Hidayat Beri Hadiah Uang Pembinaan untuk Atlet Porprov Kota Mataram Berprestasi Gemilang

Olahraga

Bupati Pathul Serahkan Hadiah Sepeda Motor Kepada Juara Kerjurprov Motor Cross Lantan

Olahraga

Sambut Danrem Cup 2023: Kodim Loteng Matangkan Sejumlah Fasilitas

Olahraga

Tumbangkan Tim-Tim Tangguh dari Benua Biru, ISA Lombok FC Sabet Juara Barcelona Football Festival 2023