Home / Pariwisata

Senin, 16 Januari 2023 - 16:25 WIB

Lestarikan Wayang Orang Dandim Loteng Prakarsai Nobar “Pandawa Boyong”

Lombok Tengah, Tranews.net. Dandim 1620/Lombok Tengah (Loteng) Letkol Kav. I F Andi Yusuf Kertanegara, memprakarsai Koramil jajarannya Nonton Bareng Wayang Orang bersama stakeholders terkait di masing-masing wilayah teritorialnya.

Dandim bersama Forkopimda, para Perwira Staf, para prajurit Kodim 1620/Loteng serta personil Polri dari Polres Loteng melaksanakan Nonton Bareng (Nobar) Wayang Orang dengan lakon “Pandawa Boyong” di Aula Makodim, Kecamatan Praya, Minggu malam 15 Januari 2023.

“Pertunjukan wayang orang dengan lakon Pandawa Boyong ini di gelar dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera dan pelestarian wayang orang sebagai Kesenian Tradisional Indonesia,” Kata Dandim, usai kegiatan.

Baca Juga :  Menteri Sandiaga Uno Buka Poltekpar Lombok Wonder Preneur Fest 2023

Dandim menyebut tujuannya secara umum yaitu untuk mewarisi kebudayaan bangsa Indonesia yang sudah mulai surut peminatnya.

Sedangkan nobar diungkapkannya untuk meningkatkan sinergitas antara TNI Kodim 1620/Loteng dengan segenap elemen daerah. Demi meningkatkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan.

Pagelaran Wayang Orang dengan lakon “Pandawa Boyong” tersebut didalangi oleh Panglima TNI sebagai Bima Sena, Kasad sebagai Batara Guru, Kasau sebagai Eyang Abiyasa, Kasal sebagai Batara Baruna, Kapolri sebagai Prabu Puntadewa, Ketua Umum Dharma Pertiwi sebagai Dewi Nagageni.

Selanjutnya Staf Khusus Kasal sebagai Citrakso, Kadisopslatal sebagai Prabu Dursasana, Waasrena Kasal sebagai Kartamarma, Waasops Kasal sebagai Citraksi.

Baca Juga :  JTfast Boat Hentikan Layanan Rute Kuta Mandalika - Bali Terkendala Ijin

Selain itu, acara juga dimeriahkan oleh hadirnya Putri Khairunnisa sebagai Dewi Gendari, Dr. Connie Rahakundini Bakrie sebagai Kanastren, Marcella Zalianty sebagai Arimbi, dan beberapa pelawak nasional yang melontarkan humor mengocok perut.

Antusiasme dan keakraban penonton tampak jelas di acara Nobar ini. Seperti yang disampaikan Dandim di mana kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan semangat persatuan dalam bingkai NKRI, termasuk membangkitkan rasa persaudaraan antar segenap elemen, dan menumbuhkan kecintaan terhadap budaya bangsa sendiri. (Red.TN).

Share :

Baca Juga

Pariwisata

Kejurprov Motocross 459 Lantan Bawa Berkah, Ekonomi Menggeliat

Pariwisata

Catat!! Kalender Event Tahunan Pariwisata 2023 di Loteng

Pariwisata

Begini Cerita Laila Maulidatun, Wisudawan Poltekpar Lombok Asal Jateng Raih IPK 4.00

Pariwisata

Lestarikan Laut Polairud Polda NTB Transplantasi Terumbu Karang

Pariwisata

Tahun Ini, Poltekpar Lombok Lakukan Pendampingan Lima Desa Wisata

Pariwisata

Keren !! Konser DEWA Gratis dan Terbuka untuk Semua

Pariwisata

Kapal Pembawa BBM Terbakar di Ampenan , 3 ABK Hilang

Pariwisata

Desa Lantan, Kawo, dan Semoyang Wakili Lombok Tengah untuk DGIP 2023