Home / Peristiwa

Minggu, 17 September 2023 - 11:46 WIB

Komite Medik RSUD PRAYA Menggelar Comed Session 2

Lombok Tengah, Tranews.net. Mini simposium/simposium sehari bertajuk “Continuing Medical Education of Praya Hospital’s Medical Committee (Comed) Session 2”, atau dalam bahasa Indonesia “Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan Komite Medik RSUD Praya Kedua”. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Komite Medik RSUD Praya dengan IDI Cabang Lombok Tengah dan PDGI Cabang Lombok Tengah.

Comed diselenggarakan tiap tahun, dan tahun ini masih dalam rangkaian perayaan HUT RSUD Praya ke -64. Tema Comed Edisi 2 kali ini adalah : “Improving Health Services With The Latest and Integrated Services in Central Lombok”, atau “Peningkatan Pelayanan Kesehatan dengan Layanan Terbaru dan Terintegrasi di Lombok Tengah”.
Sabtu, 17 – 09, 2023, di Auditorium RSUD Praya Kabupaten Lombok Tengah (loteng).

Peserta yang hadir dalan giat tersebut,
Anggota IDI Cabang Lombok Tengah, para dokter dari RSUD Praya maupun dari RS Swasta, puskesmas-puskesmas serta klinik se-Lombok Tengah, ada juga dari luar Lombok Tengah. Anggota PDGI Cabang Lombok Tengah, para dokter gigi se Lombok Tengah.

Adapun pembicara yang dihadirkan adalah Pembicara Nasional 1 orang dari RSUP Dr. Ngoerah Denpasar, dr. Gede Wira Mahadita, SpPD., KGH, MBiomed. Beliau membawakan materi tentang kesehatan ginjal, bagaimana mencegah, lalu mengidentifikasi secara dini serta manajemen tatalakasana penyakit ginjal kronik.

Pembicara-pembicara lokal antara lain:
Dr. Andrew C Taufik, SpOG, menyampaikan tentang deteksi dini kanker leher rahim, suatu kasus keganasan yg angka kejadiannya sangat tinggi, dan seringkali terlambat didiagnosis sehingga menimbulkan angka kematian yang juga tinggi.

Baca Juga :  Operasi Patuh Rinjani 2023 Hari Ke-8, Polres Loteng Layangkan Surat Tilang

Dr. Baiq Dewi Prepti Anggriyani, SpMK, membawakan materi tentang peran laboratorium mikrobiologi klinis dalam membantu para klinisi menentukan antibiotik yang paling pas untuk mengatasi suatu penyakit infeksi tertentu.

Dr. Hilma Harisudin, SpKFR. Beliau adalah ahli rehabilitasi medik paling anyar yang ada di RSUD Praya, siap memberikan layanan-layanan fisioterapi untuk berbagai kasus neuro-musculo-skeletal, layanan tumbuh kembang, dan sebagainya.
Dr. Setio Rini, Sp.PK (K), Msimed. Beliau menyampaikan tentang pemeriksaan-pemeriksaan kunci pada kasus-kasus penyakit jantung.

Terakhir, drg. Muslita Rizki Wahyuni, SpBM, seorang dokter gigi ahli bedah mulut, yang juga baru dimiliki oleh RSUD Praya. Beliau menyampaikan tentang kesiapan RSUD Praya menangani berbagai kasus bedah mulut, baik kasus infeksi, kasus trauma maupun kasus-kasus tumor/keganasan.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Komite Medik RSUD Praya dengan IDI Cabang Lombok Tengah dan PDGI Cabang Lombok Tengah.

Comed diselenggarakan tiap tahun, dan tahun ini masih dalam rangkaian perayaan HUT RSUD Praya ke -64.
Tema Comed Edisi 2 kali ini adalah : “Improving Health Services With The Latest and Integrated Services in Central Lombok”, atau “Peningkatan Pelayanan Kesehatan dengan Layanan Terbaru dan Terintegrasi di Lombok Tengah”.

Baca Juga :  Berikut Ikrar Netralitas ASN dalam HUT KORPRI ke-52, Sukseskan Pemilu 2024

Dalam sambutannya, direktur RSUD Praya sekaligus Ketua IDI Cabang Lombok Tengah, dr. Mamang Bagiansah, SpPD., FINASIM, memberi apresiasi yang luar biasa atas terselenggaranya Comed Sesi 2 ini. “Kita hadir disini, tidak hanya karena akan memperoleh begitu banyak update ilmu yang luar biasa dari para pembicara, namun yang tidak kalah penting adalah silaturrahmi antar kita semua, sebagai salah satu bagian dari pemberi layanan kesehatan yang berkualitas di Lombok Tengah khususnya”. Terangya.

Ketua panitia Comed 2, dr. Hilman Harisudin, SpKFR, menekankan juga bahwa melalui kegiatan ini, ada hubungan yang semakin baik dan terintegrasi antara Faskes Primer (puskesmas dan klinik) dengan Faskes Rujukan. “RSUD Praya terus berbenah, mengembangkan layanan-layanan baru yang berkualitas, ini akan menjadi alternatif bagi masyarakat lombok tengah untuk berkonsultasi dan mengobati penyakitnya. Artinya tidak perlu lagi repot berobat ke RS-RS yang jauh. Cukup di RSUD Praya saja,” pungkasnya.

Dr. IGN Sutama, SpOG, ketua Komite Medik RSUD Praya, menjelaskan lebih lanjut, sebentar lagi akan ada layanan bedah saraf disini, layanan cuci darah juga terus akan meningkat, dan lain-lain. Beliau tidak henti mengajak semua elemen untuk bersama-sama membenahi pelayanan di RSUD Praya sebagaimana jargon BERIUK MERIRI yang selalu dikampanyekan. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Kapolda NTB Apresiasi Personel Berprestasi dan Ganjar PTDH Personel Polri Nakal

Peristiwa

Wabup Nursiah Minta Skala Prioritas Pada Diskusi Forum Lintas OPD Jangan Asal Anggaran

Peristiwa

Wabup Loteng Dihari Ke – 4 Mendatangi Langsung Tempat Kejadian Tenggelamnya Dokter Muda di Lancing Prabar

Peristiwa

Delapan Partai Peserta Pemilu 2024 Saat Melakukan Pendaftaran Bacaleg Dalam Pengawalan Polisi

Peristiwa

Jawab Keresahan Masyarakat, Tiga Pilar Konsolidasi Bersama Steikhoulder di Wilayah Hukum Polsek Sandubaya

Peristiwa

Ratusan Pelanggar Terjaring Selama Ops Keselamatan Rinjani 2024 Polres Loteng

Peristiwa

Ketua DPRD Lobar Hj Nurhidayah Menerima gabungan aktivis Lobar. Mereka mendukung langkah dewan mencopot Dirut PTAM Giri Menang

Peristiwa

Polres Loteng Himbau Masyarakat Tidak Gunakan Sepeda Listrik Di Jalan Raya