Home / Peristiwa

Sabtu, 25 November 2023 - 18:16 WIB

Kolaborasi Apik Kodim Loteng Bersama Kemhan Jaga Ketahanan Pangan Nasional dengan Tanam Jagung di Selong Belanak

Lombok Tengah, TRANEWS. Kodim 1620/Loteng, bersama dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan), melaksanakan kegiatan penanaman jagung di dusun serangan desa Selong Belanak Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) sebagai upaya menjaga ketahanan pangan nasional.

Kegiatan tersebut menjadi bagian dari langkah strategis untuk memastikan ketersediaan pangan dalam skala lokal yang berdampak positif pada tingkat nasional.

Dandim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara mengungkapkan, dalam upaya mendukung program ketahanan pangan, Kodim 1620/Loteng turut berperan aktif di semua sektor pertanian berkolaborasi baik dengan Kemhan maupun masyarakat.

“Kolaborasi antara Kodim Loteng dan Kemhan serta masyarakat setempat menunjukkan sinergi positif antara unsur TNI AD dan kementerian terkait demi mencapai tujuan bersama, yaitu menjaga kestabilan pasokan pangan di Indonesia terlebih di Lombok Tengah,” ujar Dandim di Lokasi tanam Jagung Jum’at (24/11/2023).

Baca Juga :  Seorang Warga Desa Mertak ditemukan Meninggal Setelah Menyelam Mencari ikan di Teluk Awang

Menurutnya, penanaman jagung dipilih sebagai salah satu langkah strategis, karena jagung memiliki peran penting dalam mendukung ketahanan pangan nasional selain padi.

“Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga digunakan sebagai bahan pakan ternak, meningkatkan produktivitas sektor peternakan yang juga krusial dalam rantai pasok pangan,” ucap Dandim.

Penanaman jagung Bisi 18 tersebut dilaksanakan dilahan seluas 1000 meter persegi milik PT. Esa Suwardana Tani yang bermitra dengan Kemenhan RI dengan melibatkan 150 personel dan juga masyarakat setempat.

Baca Juga :  Rayakan Idul Adha 1444 H dan Peringati Hari Bhayangkara 77, Polda NTB Sembelih Ratusan Ekor Hewan Qurban

Komitmen Kodim Loteng dan Kemhan dalam menjaga ketahanan pangan ini menjadi contoh nyata kolaborasi sektor pertahanan dengan sektor pertanian.

“Langkah konkret seperti ini diharapkan dapat memperkuat ketahanan pangan nasional di masa depan, terutama di tengah dinamika global dan tantangan ketahanan pangan yang semakin kompleks,” terangnya.

Sehingga diharapkan untuk masyarakat Selong Belanak dan sekitarnya dapat merasakan dampak positifnya dalam peningkatan ketersediaan pangan lokal.

“Semakin banyak instansi yang terlibat dalam upaya serupa, semakin kokoh pilar ketahanan pangan nasional Indonesia,” tandas Dandim. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Stok Daging di Loteng Jelang Lebaran Aman

Peristiwa

Kedatangan Logistik Pemilu 2024 Dibawah Pengawalan Ketat Polisi

Peristiwa

162 Orang Narapidana LPN Kelas IIB Praya Mendapat Remisi di HUT RI Ke -78

Peristiwa

Kapolsek Praya Pimpin Pengamanan Perayaan Tahun Baru 2024 di Kota Praya

Peristiwa

Gelar Pisah Sambut PJU Polda NTB, Kapolda NTB Minta Pejabat Baru Segera Adaptasi dan Bangun Sinergi

Peristiwa

Hari Kebangkitan Nasional Ke 115 Digelar Makodim Loteng Bertema Semangat Untuk Bangkit

Peristiwa

Kapolres Lombok Tengah Dampingi Kapolda NTB salurkan Bansos Kemensos RI

Peristiwa

Persiapan Pelaksanaan L’Etape Indonesia By Tour The France 2023, Polres Loteng Siapkan Pengamanan