Home / Peristiwa

Rabu, 10 Januari 2024 - 05:14 WIB

Kapolda NTB Minta Mahasiswa Awasi Kecurangan Pemilu 2024

Mataram, TRANEWS. Kapolda NTB Irjen Pol. Drs. Raden Umar Faroq, S.H., M.Hum., mengajak turut serta mengawasi dan mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ajakan itu disampaikan Kapolda NTB, kemarin (9/1/2024), saat menjadi narasumber dalam Kuliah Umum bertema, “Peran Kampus Dalam Menjaga Kondusifitas Pesta Demokrasi”, yang diselenggarakan Universitas Mataram (Unram) di Ruang Sidang Senat Gedung Rektorat Universitas Mataram.

Kapolda NTB menyebutkan jika keterlibatan kampus dan mahasiswa dalam pesta demokrasi Pemilu 2024, tidak hanya sebatas menyuarakan hak pilihnya.

“Tapi mahasiswa juga harus terlibat dalam melakukan pengawasan, atas potensi adanya kecurangan yang terjadi serta turut aktif melaporkan kecurangan tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bupati Pathul Berikan Piagam Penghargaan Kepada Dua Dusun Taat PBB-P2

Menurut Kapolda NTB, adanya partisipasi kampus serta mahasiswa dalam melakukan pengawasan pemilu sebagai bentuk dari penggunaan hak warga negara, untuk mengawal hak pilihnya sekaligus sebagai upaya kontrol publik dalam menjaga suara rakyat.

“Mahasiswa punya peran penting sebagai penerus bangsa dan negara, sehingga dalam pesta demokrasi, Pemilu 2024 ini, hendaknya dapat berperan aktif dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, serta mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 agar dapat berjalan demokratis, aman dan kondusif,” jelas Umar Faruq.

Jenderal bintang dua itu juga menambahkan, jika saat ini kita berada di era 4.0, yakni era dalam penggunaan teknologi seperti media sosial (medsos) menjadi tren, karena itu mahasiswa diharapkan dapat menjadi pengguna medsos yang bijak.

Baca Juga :  ITDC Bersama Kodim 1620/Loteng Kolaborasi Pada Kegiatan Journey Hospitality House

“Peran mahasiswa juga sebagai agen perubahan sangat diharapkan bisa bersama-sama dan bersinergi dengan Polri, untuk dapat mencegah dan menanggulangi maraknya penyebaran berita hoaks, provokasi dan ujaran kebencian di tengah-tengah masyarakat,” tandasnya.

Tampak hadir dalam Kuliah Umum tersebut, Rektor dan para Wakil Rektor Unram, para PJU Polda NTB dan Kapolresta Mataram. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Mi6 : Prediksi 50 Persen Petahana DPD RI Dapil NTB Bakalan Out Dalam Pemilu 2024

Peristiwa

Perbedaan Adalah Rahmad, Bukan Halangan Membangun Loteng ke Arah Yang Lebih Baik

Peristiwa

Gubernur dan Kapolda NTB Datangi Gereja, Cek Pengamanan Malam Misa Natal

Peristiwa

Komunitas Kabar Baik Dukung Perpres Jurnalisme Berkualitas Disahkan

Peristiwa

Kunjungan dan Safari Ramadhan Kapolda NTB Bersama Kakanwil Kemenag di Masjid Agung Praya

Peristiwa

Etika Beragama Sudah Dilakukan, Kini Supli Tempuh Jalur Hukum

Peristiwa

Bupati Pathul : 1.541 Ton Beras Digelontorkan Untuk 154 Ribu PKM di Lombok Tengah

Peristiwa

WNA Asal India Ditemukan Tewas di Perairan Gili Air