Home / Pembangunan

Senin, 6 Mei 2024 - 23:00 WIB

Jalin Aksi Membangun Kolaborasi Riset & Inovasi Daerah, Launching Liga Sinova (Lombok Tengah Innovatip Government Award)

Lombok Tengah, TRANEWS. Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) melaksanakan giat “jalin aksi membangun kolaborasi riset dan inovasi daerah sekaligus melaunching Liga Sinova ( Lombok Tengah Innovatip Government Award)

Hadir dalam gait tersebut Bupati Kabupaten Lombok Tengah, HL.Parhul Bahri, S.IP. M.AP., Wakil Bupati, HM.DR. Nursiah, Kepala pusat riset dalam negeri, Kepala pusat badan riset bio induk laut dan perairan darat BRIN, Kepala OPD Lingkup Provinsi Ntb, Rektor Unram, Uin dan Unizar, Kepala OPD Lingkup Kabupaten Lombok Tengah, di Ballroom Lantai 5 Kantor Bupati Kabupaten Lombok Tengah, 6 – 05.

Dalam sambutannya calon Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) itu menyampaikan, Majunya suatu bangsa sangat ditentukan oleh inovasi yang dilakukan bangsa tersebut. Untuk itu maka diperlukan adanya perlindungan terhadap kegiatan yang bersifat inovatif yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara di daerah dalam memajukan daerahnya.

Bupati Pathul katakan, diperlukan adanya upaya untuk memacu kreativitas daerah dalam meningkatkan daya saing daerah. Untuk itu perlu adanya kriteria yang obyektif yang dapat dijadikan pegangan bagi pejabat daerah untuk melakukan kegiatan yang bersifat inovatif.

Dengan cara tersebut inovasi akan terpacu dan berkembang tanpa adanya kekhawatiran menjadi obyek pelanggaran hukum. Sesuai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah Pasal 386 sd 390 Inovasi Daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Baca Juga :  Bupati Pathul : 891 Formasi ASN Jalur P3K Dibuka, Jangan Lupa Berdoa dan Bersyukur

Dalam mencapai tujuan tersebut. Sasaran inovasi daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik; pemberdayaan dan peran serta masyarakat; serta peningkatan daya saing daerah.

Lebih jauh Ketua DPD Partai Gerindra Nusa Tenggara Barat itu mengatakan, “pemerintah Kabupaten Lombok Tengah berupaya maksimal secara terus menerus untuk dapat menciptakan inovasi yang berguna bagi kemaslahatan masyarakat. Kami juga berkomitmen untuk terus menjalin kolaborasi dengan Perguruan tinggi, Lembaga Penelitian, pihak swasta, NGO, dan Media demi kemajuan pembangunan daerah di Kabupaten Lombok Tengah khususnya,tegas Pathul Bahri.

Bupati Pathul mendukung terobosan dari Baperinda melalui Liga Sinova dan akan memberi apresiasi dan penghargaan inovasi kepada seluruh ASN, OPD ataupun masyarakat melalui kegiatan lomba inovasi daerah, Itulah bukti kesungguhan kita untuk terus memberikan pelayanan publik yang bermutu. Hari ini pula, kami akan memberikan hadiah untuk juara Liga Inovasi daerah Tahun 2023 yaitu berupa Umroh. Semoga dengan adanya reward ini, dapat meningkatkan semangat kita dalam berinovasi.

Kami meyakini inovasi daerah akan dapat menjadi faktor pemicu dalam percepatan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan publik, inovasi diharapkan akan dapat memberikan ruang berpikir lain bagi Aparatur di daerah. Kita berharap bahwa Lomba Inovasi Daerah ini mampu melahirkan kepemimpinan yang transformative di dukung oleh staf yang kreatif dan berintegritas, Opd lingkup Kabupaten lombok Tengah yang makin terdorong, secara bersama-sama agar secara nyata dapat lebih kreatif dan inovatif.

Baca Juga :  Desa Semparu Wakili Lombok Tengah Lomba Desa Tingkat Provinsi

Melihat dari tahun sebelumnya, tidak semua OPD melaksanakan instruksi untuk berinovasi. Maka dari itu, kami mewajibkan kembali, setiap OPD untuk membuat minimal 1 inovasi (1 OPD, 1 Inovasi). Hal ini pula sudah kami wajibkan melalui peraturan bupati Nomor 16 Tahun 2023 tentang sistem inovasi daerah. Kami juga menghimbau kepada masyarakat seluruh masyarakat untuk ikut berinovasi dan menghasilkan ide-ide kreatif. tidak perlu inovasi yang besar, namun cukup inovasi kecil tapi kebermanfaatannya besar bagi sekitar.

Bupati Pathul juga mewajibkan sampai ke tingkat unit kerja/ satuan pendidikan untuk menciptakan inovasi. untuk tingkat SMP wajib memiliki minimal 1 inovasi pertahun dan di tingkat Sekolah Dasar diwajibkan kepada para Korwil Kecamatan, Dinas Pendidikan untuk mengkoordinasikan sampai diwilayahnya dengan minimal 3 inovasi pertahun. Kami mengajak seluruh pihak bekerjasama untuk mewujudkan kemajuan daerah melalui riset dan inovasi. semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan Taufik, Rahmat, dan Ridho-nya. Tutupnya. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Pembangunan

Bupati Pathul Rakor Program Beasiswa Jalur Tahfiz Tahun 2024

Pembangunan

Miliki Garis Pantai 2.333 Kilometer, HBK Dorong NTB Mulai Kembangkan Food Estate Sektor Perikanan dan Kelautan

Pembangunan

192 Pejabat Administrator dan Pengawas Pemkab Loteng Dikukuhkan

Pembangunan

Rachmat Hidayat Pastikan RTLH dan RKB Ponpes tahun 2023/2024 tetap Berlanjut untuk Masyarakat Lombok

Pembangunan

Desa Semparu Wakili Lombok Tengah Lomba Desa Tingkat Provinsi

Pembangunan

192 Pejabat Administrator Dan Pengawas Lingkup Loteng Dilantik

Pembangunan

Pastikan Program Berjalan Lancar Dansatgas TMMD Ke-117 Turun Gunung

Pembangunan

Pemkab Lombok Tengah Raih Penghargaan Kabupaten Progresif dalam Diseminasi Informasi