Home / Peristiwa

Senin, 22 Mei 2023 - 16:38 WIB

Hari Kebangkitan Nasional Ke 115 Digelar Makodim Loteng Bertema Semangat Untuk Bangkit

Lombok Tengah, Tranews.net. Komando Distrik Militer (Kodim) 1620/Lombok Tengah laksanakan Upacara Peringatan Ke-115 Hari Kebangkitan Nasional 2023 di lapangan upacara Makodim, Praya, Senin 22 Mei.

Dipimpin Dandim 1620/Lombok Tengah (Loteng) Letkol Kav. I F Andi Yusuf Kertanegara, kegiatan upacara yang bertemakan “Semangat Untuk Bangkit ” tersebut, berjalan dengan aman dan lancar serta terlaksana dengan khidmad.

Dalam amanat Menteri Komunikasi Dan Informatika RI pada Peringatan Ke-115 Hari Kebangkitan Nasional tahun 2023 yang di bacakan oleh Dandim menyampaikan bahwa Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2023 hendaknya tidak hanya di maknai sebagai seremonial saja, namun perlu juga untuk menelaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan memahami esensi sejarah tentang Kebangkitan Nasional.

Baca Juga :  PERKAHI NTB Ujudkan Profesionalisme Advokat Lewat Pendidikan

Hari Kebangkitan Nasional adalah momen yang menandai tumbuhnya rasa kesadaran nasionalisme, persatuan dan kesatuan, serta kesadaran masyarakat Indonesia sebagai suatu kesatuan bangsa.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional mengacu pada peristiwa penting dalam sejarah bangsa Indonesia, dimana pada tanggal 20 Mei 1908 sebuah organisasi yang dikenal sebagai Budi Utomo didirikan dengan tujuan untuk memperkuat semangat nasionalisme dan mengusahakan persatuan di antara bangsa Indonesia.

Boedi Oetomo telah meletakkan Tiga cita – cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita – cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Baca Juga :  Mantapkan pengamanan Pemilu 2024, Kapolda NTB Berikan Arahan Bhabinkamtibmas Lobar

“Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Kita juga dapat menggunakan kesempatan ini untuk memperkuat persatuan dan persaudaraan, serta berkomitmen untuk terus membangun Indonesia yang lebih baik di masa depan,” Ujarnya.

“Mari kita semangat untuk bangkit, bersama dan merenungkan makna pentingnya kemerdekaan dan nilai-nilai yang diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa. Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit,” Tandasnya. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Kapolda NTB Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Rinjani 2023

Peristiwa

MotoGP Sukses Digelar di Sirkuit The Mandalika 102 Ribu Penonton Tembus Dan Arus Lalu Lintas Tetap Lancar

Peristiwa

Dua PMI Korban Kekerasan di Libya Kembali, HBK : Harus Ada Efek Jera Bagi Pelaku Perekrut PMI

Peristiwa

Pangdam IX/Udayana Kunjungi Makodim Loteng, Prajurit Teritorial Harus Bermanfaat Untuk Masyarakat

Peristiwa

Kapolres Loteng Dampingi Kapolda NTB Tutup Mandalika Drag Bike dan Drag Race Piala Kapolda NTB 2023

Peristiwa

Perbedaan Adalah Rahmad, Bukan Halangan Membangun Loteng ke Arah Yang Lebih Baik

Peristiwa

Buaya Muara di Sungai Tarung Arung yang Meresahkan Warga Akhirnya Di tangkap

Peristiwa

Polda NTB Turut Mendukung Terbentuknya KKJ NTB