Home / Peristiwa

Kamis, 22 Desember 2022 - 16:57 WIB

Gelar Apel Ops Lilin Rinjani 2022, Kapolda NTB Sampaikan Amanat Kapolri

Mataram ,Tranews.net.  Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto  memimpin Apel Gelar Pasukan “Operasi Lilin Rinjani 2022” dalam rangka Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, (22/12/2022).

Apel yang dipimpin langsung Kapolda NTB tersebut di ikuti oleh seluruh pasukan gabungan yang terlibat seperti Perwakilan TNI, Polri, Pemerintah, PJU Polda NTB, serta kelompok masyarakat. Apel tersebut diawali dengan pengecekan kesiapan dari masing-masing regu yang terlibat dalam pasukan pengamanan.

Dalam Amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Kapolda NTB, menyampaikan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas kesepakatan yang diberikan pada pagi hari ini, dan terimakasih kepada seluruh peserta Apel yang telah siap siaga di Lapangan ini.

Apel ini Untuk pengecekan akhir terhadap personel, serta sarana dan prasarana yang akan dilibatkan pada pengamanan Natal dan tahun baru.

Mengingat Laju perkembangan covid-19 saat ini sudah cukup landai, pemerintah memberikan sedikit kelonggaran dalam aktivitas masyarakat pada saat Natal dan tahun baru.

Bertujuan agar proses perayaan natal dan tahun baru berjalan aman dan lancar maka perlu dilakukan tindakan -tindakan antisipasi dengan Menggelar operasi lilin tahun 2022 yang akan berlangsung 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 ( 11 hari ).

Baca Juga :  Intelkam Polda NTB Gelar Bakti Sosial di Desa Mareje Dan Sosialisasikan Maklumat Kapolda

Operasi ini bertujuan untuk mengantisipasi berbagai potensi gangguan, seperti ledakan Covid 19, Ancaman terorisme serta Ancaman bencana alam sehingga diperlukan upaya mitigasi sejak sedini mungkin, agar pelaksanaan ibadah natal dan perayaan Malam Tahun baru yang dilakukan

Disamping itu hal lain yang tidak kalah penting untuk di perhatikan demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat adalah antisipasi Lonjakan BBM dan pasokan Pangan. Melalui Operasi ini diharapkan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dengan melibatkan seluruh instansi terkait.

Bila pada operasi tersebut ditemukan pelanggaran, maka Lakukan penegakan hukum secara prosedural dan proporsional sehingga diharapkan dapat menimbulkan efek jera terhadap pelakunya.

Untuk menciptakan Kondusifitas di Gereja menjelang Natal maka akan dilakukan Sterilasi yang  melibatkan seluruh stakeholder.

Sedangkan menjelang perayaan tahun baru Pengaman objek wisata sangat diperlukan untuk mencegah jangan sampai terjadi kemacetan di areal tersebut demi kenyamanan masyarakat.

Untuk kegiatan Pada malam tahun baru agar dilakukan pengetatan izin pelaksanaan kegiatan, ini bertujuan untuk mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas akibat kegiatan tersebut.

Optimalkan peran command center sebagai pusat informasi selama proses pengamanan dalan Operasi Lilin Rinjani 2022.

Baca Juga :  Ini Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Umum Fraksi Fraksi Terhadap Ranperda APBD 2023 Dan Ranperda PDAM

Perkuat strategi komunikasi publik dengan memanfaatkan semua sarana teknologi yang ada, sehingga masyarakat tau tentang kegiatan yang kita lakukan.

Keberhasilan pengamanan ini merupakan tanggungjawab kita bersama oleh karena itu diperlukan sinergitas dan solidaritas yang solid antara seluruh stakeholder yang ada.

Laksanakan tugas dengan baik, lakukan dengan humanis, jadikan tugas ini sebagai tugas ibadah bagi kita semua.

Apa yang kita lakukan ini merupakan wujud pengabdian kita kepada negara dan masyarakat.

Usai upacara, saat diwawancarai rekan-rekan media, Kapolda NTB menjelaskan bahwa operasi yang berlangsung 11 hari ini ( 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 ) melibatkan 1455 personel gabungan TNI Polri, Pemerintah dan masyarakat.

“Pos-pos ini disiapkan di beberapa titik keramaian seperti pintu-pintu masuk pulau Lombok, tempat-tempat wisata serta lokasi keramaian lainnya untuk mempermudah pelayanan,”jelasnya.

“Karena operasi ini bertujuan untuk pelayanan serta keamanan masyarakat, maka sudah seharusnya kita laksanakan dengan sungguh-sungguh untuk menciptakan kenyamanan masyarakat,”jelas Djoko menambahkan.

Dalam operasi ini terdapat 32 pos pelayanan dan pos pengamanan yang disiapkan semuanya untuk masyarakat. Diharapkan kepada seluruh personel yang bertugas agar menjalankannya dengan penuh rasa tanggungjawab sehingga kamtibmas di NTB dapat terjaga. (Red.TN)

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Sigap Membangun Negeri Tema HUT PU Ke-78

Peristiwa

Sinergitas, Polres Loteng Bersama Kodim/ 1620 dan Satpol – PP Laksanakan Patroli KRYD

Peristiwa

Kapolres Loteng Minta Personel Berikan Pelayanan Terbaik Di Momen Nataru 2024

Peristiwa

Jelang Pemilu 2024, Kodim 1620/Loteng Siagakan Pasukan Huru Hara

Peristiwa

Seorang Warga Desa Mertak ditemukan Meninggal Setelah Menyelam Mencari ikan di Teluk Awang

Peristiwa

Buaya Muara di Sungai Tarung Arung yang Meresahkan Warga Akhirnya Di tangkap

Peristiwa

Seni Peresean Meriahkan Penutupan TMMD Ke-117 Di Lombok Tengah

Peristiwa

Mantapkan pengamanan Pemilu 2024, Kapolda NTB Berikan Arahan Bhabinkamtibmas Lobar