Home / Pembangunan

Rabu, 13 September 2023 - 19:43 WIB

FK Unram Dukung Penuh RSUD Praya Jadi RS Pendidikan Terakreditasi

Lombok Tengah, Tranews.net. Rumah Sakit Umum Daerah Praya terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Hasilnya perubahan demi perubahan terus terlihat sejak era kepemimpinan Mamang Bagiansyah. Saat ini target yang sedang di bidik oleh Mamang Bagiansyah adalah menjadikan RSUD menjadi Rumah Sakit pendidikan yang bersertifikat atau terakreditasi.

Rencana RSUD Praya menjadi Rumah Sakit Pendidikan Terakreditasi diungkapkan Mamang dalam rapat koordinasi, dan diskusi antara Tim Koordinasi Pendidikan (Kordik) RSUD Praya Kabupaten Lombok Tengah dengan Komkordik RSUP Provinsi NTB serta Tim Dekanat Fakultas Kedokteran Universitas Mataram Rabu, 13 September 2023 di Auditorium RSUD Praya

Hadir dr. Mamang Bagiansah, SpPD., FINASIM. Direktur RSUD Praya Kabupaten Lombok Tengah، dr. Arfi Syamsun, SpKF., MSiMed. Wakil Dekan 1 FK Unram, beserta Kaprodi dan lain lain. dr. Sunanto, SpBA, C.MC, Ketua Komite Koordinasi Pendidikan (Komkordik) RSUP NTB, selaku RS Pendidikan Utama FK Unram. Beserta tim dan dr. Putu Ratna, SpPA, MSiMed, ketua Tim Kordik RSUD Praya bersama tim.

Baca Juga :  Sambut Danrem Cup 2023: Kodim Loteng Matangkan Sejumlah Fasilitas

Dalam sambutannya, direktur RSUD Praya menyampaikan bahwa niatan RSUD Praya untuk segera terakreditasi sebagai RS Pendidikan adalah agar proses pendidikan dari para peserta didik seperti coass (dokter muda), para peserta didik keperawatan, kebidanan, dan nakes lain bisa berlangsung secara lebih baik dan terstandar.

Sebenarnya RSUD Praya telah lama di tunjuk oleh Kementerian Kesehatan untuk berproses sehingga tersertifikasi RS Pendidikan tersebut. Terlebih lagi ke depan, akan bermunculan banyak Fakultas Kedokteran baru di NTB, yang pasti membutuhkan wadah untuk pendidikan klinisnya. Disisi lain, dengan menjadi RS Pendidikan yang akan menyelenggarakan proses pendidikan klinis para dokter muda dan para calon dokter spesialis, maka para staf dokter di RSUD Praya sebagai dokter pendidik klinis akan terus terdorong untuk belajar sehingga pelayanan kepada pasien akan semakin berbasis bukti (evidence based).

Wakil Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unram mengamini niatan RSUD Praya tersebut. Bahkan kata Wakil Dekan (Wadek), di awal berdirinya FK Unram beberapa tahun lalu tidak lepas dari peran RSUD Praya yang berkenan dijadikan lahan prakitk coass-nya. Maka FK Unram berkomitmen untuk membantu, mendampingi, dan akan all out mendorong tercapainya cita-cita ini.

Baca Juga :  Kabupaten Loteng Dapat Penghargaan Kabupaten Bebas Peyakit Frambusia Dari Kemenkes RI 2024

Saat ini lanjut Wadek, core bisnis FK Unram dalam mencetaj sumber daya kesehatan sudah tidak lagi hanya program studi (prodi) pendidikan kedokteran, tapi terus akan berkembang antara lain prodi pendidikan dokter spesialis, kemudian pendidikan pasca sarjana bidang kesehatan, dan lain lain. Maka ke depan pasti dibutuhkan partner-partner, termasuk wadah pendidikan klinis seperti RS Pendidikan.

“Saya berharap semoga target dan cita-cita bersama RSUD Praya bersama institusi pendidikan kedokteran/kesehatan dalam membangun sumber daya kesehatan yang unggul khususnya di NTB, dapat segera terwujud” kata Wadek.

“InsyaAllah target kami, di tahun ini,” pungkas dr. Ratna, SpPA, yang diamini dengam penuh semangat oleh seluruh tim Kordik RSUD Praya. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Pembangunan

Presiden Jokowi Beri Gelar Lombok Tengah Sebagai Kabupaten Penyangga Pangan Nasional

Pembangunan

Pelantikan dan Rapat Kerja Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kab Lombok Tengah

Pembangunan

Pemkab Lombok Tengah Bertemu Kemendikbud Ristek Bahas Penanganan Sekolah Rusak

Pembangunan

Wakil Bupati Lombok Tengah Tinjau Posyandu, Serahkan Bantuan, dan Peringatkan Dampak Stunting

Pembangunan

TMMD Ke – 117 di Loteng Akan Sasar 6 Desa

Pembangunan

Sosialisasi Layanan Bedah Saraf di RSUD Praya Kepada Seluruh Sejawat Puskesmas se-Lombok Tengah

Pembangunan

Perkuat Kapasitas UMKM Loteng PLUT di Bangun

Pembangunan

Pendaftaran Penerimaan Anggota Polri Diperpanjang Hingga 17 April 2023