Home / Pembangunan

Minggu, 19 November 2023 - 07:47 WIB

Dua Organisasi Wartawan Besar di Loteng Sukses Kolaborasi Bangun Daerah

Lombok Tengah, TRANEWS. Kegiatan Bakti Wartawan di Lombok Tengah (Loteng) yang diselenggarakan pada 17-18 November 2023, mencatatkan momen berharga dalam kolaborasi antara Forum Wartawan Lombok Tengah (FWLT) dan Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT).

Kegiatan ini mengusung tema “Bakti Wartawan 2023, Kolaborasi Untuk Lombok Tengah” di isi dengan berbagai kegiatan sosial, mulai dari penghijauan, pengobatan gratis, hingga santunan untuk anak yatim dan lansia.

Pembukaan resmi kegiatan Bakti Wartawan Lombok Tengah, yang dilangsungkan hari ini, Sabtu, 18 November 2023 di Taman Wisata Air, Aiq Bukak, dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah, Direktur PDAM, Dinas Sosial, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Baznas Lombok Tengah, TNI dan Polri, serta pihak lain yang turut serta dalam mendukung kegiatan ini.

Wakil Bupati Lombok Tengah, HM. Nursiah, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif dan kolaborasi wartawan dalam kegiatan ini.

“Kegiatan ini mencerminkan kepedulian wartawan tidak hanya terhadap dunia jurnalistik, tetapi juga kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Kebersamaan ini perlu kita apresiasi karena memiliki dampak positif yang besar,” ujar HM. Nursiah.

Mantan Sekda itu juga menyebut, kegiatan seperti ini layak untuk terus diadakan, membuktikan bahwa wartawan tidak hanya pandai menulis tapi juga pandai bekerja.

“Kegiatan ini menjadi pembuktian, wartawan Lombok Tengah memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan,”imbuhnya.

Wabup menyorot kegiatan santunan untuk anak yatim dan lansia menjadi bagian penting dari agenda kegiatan bakti wartawan 2023 ini.

Baca Juga :  Rachmat Hidayat : Janda Miskin Wajib Disantuni dan Diberdayakan Sesuai Sunnatullah

”Kegiatan bakti wartawan ini bukan hanya sekedar aksi sosial, tetapi juga menunjukkan bahwa wartawan memiliki peran yang besar dalam membangun kepedulian sosial dan kemanusiaan. Ini patut diapresiasi dan menjadi inspirasi bagi sektor lain untuk turut berkontribusi dalam memajukan kesejahteraan masyarakat,” Pungkasnya.

Sementara itu, Direktur PDAM, sebagai mitra dalam kegiatan ini, menegaskan pentingnya kegiatan penghijauan untuk menjaga ketersediaan air bersih.

“Tanaman yang ditanam oleh wartawan hari ini akan berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan sumber air di wilayah ini. Kerjasama ini sangat positif dalam mendukung upaya konservasi lingkungan,” ungkap Direktur PDAM, Bambang Supratomo.

Tak hanya itu, kehadiran perwakilan dari TNI dan Polri menunjukkan dukungan dari unsur keamanan dalam menjaga kelancaran dan keberlangsungan kegiatan bhakti wartawan.
Kehadiran semua pihak dalam kegiatan Bhakti Wartawan Lombok Tengah ini memberikan harapan bahwa sinergi antar instansi dapat terus tumbuh, memberikan dampak positif, dan menjadi inspirasi bagi kegiatan serupa di masa depan.

Desa Aik Bukak dan Aik Berik, kedua desa yang menjadi lokasi kegiatan, menjadi saksi sejumlah wartawan yang bahu-membahu melakukan penghijauan dengan menanam lebih dari 3000 bibit pohon. Langkah ini di ambil sebagai upaya kontribusi untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan ekosistem alam di wilayah tersebut.

Tidak hanya itu, setidaknya 300 orang anak yatim piatu dan lansia mendapat berkah dari kegiatan ini berupa santunan uang tunai dan sumbangan sembako. Sementara warga setempat berduyun-duyun dan antusias datang ke lokasi pengobatan gratis.

Baca Juga :  Bupati Pathul Bersama Ketua DPRD Loteng Buka Kejurnas Grasstrack GTX Region 3 Bali Nusra

“Kami berharap, melalui kegiatan bakti wartawan ini, dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Wartawan tidak hanya menjadi penulis berita, tapi juga agen perubahan yang peduli kondisi sosial dan terhadap keberlanjutan alam.” kata Muhammad Said, Ketua FWLT.

Hal senada disampaikan Ketua PWLT, Munakir yang menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah langkah nyata wartawan dalam mendukung pemerintah daerah dalam upaya menyelesaikan persoalan mendasar yang dihadapi oleh masayarakat saat ini.

“Kegiatan Bakti wartawan ini sebagai manifertasi perjuangan dua organisasi kewartawanan di Lombok Tengah dalam ikut serta memberikan solusi di tengah berbagai persoalan yang terjadi di Lombok Tengah, terutama bidang sosial, kesehatan dan Lingkungan. Kesehatan misalnya, adalah hak dasar setiap individu. Kami ingin memastikan bahwa masyarakat di Lombok Tengah memiliki akses yang mudah dan gratis terhadap layanan kesehatan. Ini adalah bentuk kepedulian wartawan terhadap masyarakat,”pungkasnya.

Kolaborasi apik Dua organisasi kewartawanan ini senyatanya tidak hanya berlangsung saat ini saja, sebelumnya telah sukses menyelenggarakan kegiatan “deklarasi pemilu damai”. FWLT dan PWLT telah bersepakat akan menjadikan kegiatan Bakti Wartawan ini menjadi agenda tahunan sebagai wujud komitmen pengabdian nyata kepada masyarakat. (Red.TN).

Share :

Baca Juga

Pembangunan

Kabupaten Loteng Dapat Penghargaan Kabupaten Bebas Peyakit Frambusia Dari Kemenkes RI 2024

Pembangunan

Wabup Dr. Nursiah: Tingkatkan SDM Pengelolaan Anggaran Pembekalan Teknis APBD Tahun Anggaran 2024

Pembangunan

Bupati Pathul, Ketua DPRD Loteng, Bersama Forkopinda dan para OPD melakukan Safari Ramadhan Malam ke Dua di Kopang

Pembangunan

FK Unram Dukung Penuh RSUD Praya Jadi RS Pendidikan Terakreditasi

Pembangunan

Bupati Usul RSUD Mandalika Diserahkan Ke Lombok Tengah

Pembangunan

Danrem 162/WB Meresmikan Pos Ramil Pelindung Pantai Nusantara Lombok Tengah

Pembangunan

Jalin Aksi Membangun Kolaborasi Riset & Inovasi Daerah, Launching Liga Sinova (Lombok Tengah Innovatip Government Award)

Pembangunan

Pemda Loteng Luncurkan LIGA SINOVA