Home / Peristiwa

Senin, 24 Juni 2024 - 22:14 WIB

Cegah Penyebaran Nyamuk DB di Wilayah Binaan, Babinsa Kawal Tim Puskesmas Lakukan Fogging

Lombok Tengah , TRANEWS. Upaya pencegahan penyebaran penyakit demam berdarah (DB) di wilayah binaan terus dilakukan, Babinsa Gonjak Pelda Hamdi bersama aparat desa dan tim Puskesmas melakukan kegiatan fogging (Pengasapan) di Lingkungan Karang Bejelo, Kelurahan Gonjak, Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah.

Pemoggingan tersebut dilakukan sebagai langkah preventif dalam menghadapi ancaman penularan virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti yang sangat membahayakan dan meresakan masyarakat.

“Fogging ini dilakukan di area-area yang diidentifikasi sebagai lokasi tinggi penyebaran nyamuk. Kami bekerja sama dan mengawal dengan petugas kesehatan untuk memastikan cakupan fogging yang optimal dan efektif.” ujar Babinsa Gonjak saat kawal pemoggingan Senin, (24/6/2024).

Baca Juga :  Laka Lantas Di Praya Tengah Dua Orang Meninggal Dunia Tertindas Ban Belakang Truk, Polisi Langsung Olah TKP

Menurutnya, Pemoggingan tersebut merupakan bagian dari program rutin yang dikoordinir secara bersama antara TNI AD dan pemerintah desa setempat, bertujuan untuk mengurangi populasi nyamuk dewasa yang menjadi vektor utama penularan virus demam berdarah.

Kepedulian dan atisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sangat diperlukan. “Kami mengimbau seluruh warga untuk aktif dalam membersihkan genangan air dan melakukan pengelolaan sampah yang baik, sebagai langkah pencegahan tambahan selain fogging yang rutin kami lakukan,” ucapnya.

Selain itu, tim Puskesmas setempat juga turut memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sebagai upaya pencegahan utama. Mereka juga mengingatkan pentingnya menggunakan kelambu saat tidur dan mengenakan pakaian yang menutupi tubuh secara sempurna untuk mengurangi risiko gigitan nyamuk.

Baca Juga :  Catat!! Operasi Keselamatan Rinjani 2024 Akan Digelar 4 - 17 Maret Libatkan Personel Gabungan

Upaya kolaboratif antara Babinsa, aparat desa, dan tim Puskesmas melakukan pengasapan ini diharapkan dapat mengurangi penyebaran nyamuk demam berdarah di Desa gonjak.

“Langkah-langkah preventif seperti fogging dan edukasi kepada masyarakat menjadi kunci dalam memutus rantai penularan penyakit yang dapat berbahaya ini,” terang Hamdi.

Di samping itu, pemerintah desa juga harus terus memantau perkembangan situasi kesehatan masyarakat secara berkala untuk segera mengambil langkah-langkah responsif jika diperlukan.

“Kami berharap semua pihak berkomitmen untuk melindungi kesehatan masyarakat khususnya di desa Gonjak dari ancaman penyakit yang disebabkan oleh nyamuk demam berdarah,” tandasnya. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Penyelam Asal Amerika Ditemukan Tim Gabungan di Kedalaman 21 Meter Gili Trawangan

Peristiwa

Mantan Kades Kuripan Lalu Maiwarte Lumpuh, Rachmat Hidayat Datang Bawakan Kursi Roda Elektrik Warna Merah

Peristiwa

Polres Loteng Buka Binlat Penerimaan Anggota Polri Tahun Anggaran 2024

Peristiwa

Ujudkan Pemilu 2024 Yang Damai, Jurnalis Loteng Deklarasi Anti Hoaks

Peristiwa

Pathul Bahri Kembali Pimpin LPTQ Lombok Tengah

Peristiwa

Kapolres Loteng Berikan Bantuan Bedah Rumah dan Santunan Pada Lansia

Peristiwa

Antisipasi Gesekan Pasca Hitung Pungut di Loteng Kotak Suara Yang Terkirim Ke- 12 Kecamatan Menjadi Atensi AKBP Iwan

Peristiwa

Tiga Pilar dan Instansi Terkait Lainnya Pantau Malam Takbiran di NTB Aman dan Sukses