Home / Peristiwa

Senin, 5 Juni 2023 - 18:43 WIB

Binsiap Apwil Dan Puanter, Upaya Kodim 1620/Loteng Meningkatkan Profesionalisme Prajurit

Lombok Tengah, Tranews.net. Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) merupakan salah satu upaya Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) untuk meningkatkan profesionalisme aparat komando kewilayahan guna mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka mendukung pembangunan nasional.

Demikian dikatakan Dandim 1620/Lombok Tengah (Loteng) Letkol Kav. I F Andi Yusuf Kertanegara, dalam sambutan pembukanya saat Pelaksanaan Kegiatan Binsiap Apwil & Kemampuan Teritorial Kodim 1620/Loteng TA. 2023 di Aula Makodim, Praya, Senin (5/6).

Dandim menuturkan Binsiap Apwil & Puanter dilaksanakan untuk menyamakan misi Satuan dan langkah para prajurit dalam pengabdian kepada bangsa dan negara, melalui tugas pembinaan teritorial di wilayahnya, dan terpeliharanya kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Baca Juga :  Berikut Ikrar Netralitas ASN dalam HUT KORPRI ke-52, Sukseskan Pemilu 2024

Selain itu, Dandim menyampaikan melalui kegiatan metode Binter di lapangan khususnya para Babinsa dapat meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja. Sehingga, kegiatan Binsiap Apwil & Puanter menjadi bekal tugas untuk melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan darat.

Menurutnya, Binsiap Apwil dan Puanter merupakan bagian penting bagi kesiapan seluruh aparat kewilayahan dalam menjalankan fungsi pembinaan teritorial yang sekaligus sebagai fungsi utama di TNI AD.

Lebih lanjut Dandim menegaskan beberapa penekanan kepada para prajurit untuk dijadikan pedoman dalam bertugas diantaranya, meningkatkan dan pelihara kesiapan sebagai aparat wilayah serta mantapkan kemampuan teritorial, meningkatkan kemampuan pemberian laporan kepada Koatas (Komando Atas) agar dapat di tindak lanjuti.

“Melalui kegiatan ini, kita akan mampu meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan di wilayah. Jadikan kegiatan ini, sebagai barometer untuk mengukur kesiapan kita selaku aparat kewilayahan, demi menunjang tugas pokok Satuan,” Ujarnya.

Baca Juga :  Lautan Manusia Antusias Mengikuti Jalan Sehat Satu Abad NU di Loteng, Kendati Hujan Mengguyur

Pelaksanaan kegiatan Binsiap Apwil & Puanter Kodim 1620/Loteng TA 2023 berjalan tertib, aman dan lancar, serta mendapat pengawasan dari Ketua Tim Wasgiat, Letkol lnf. Kaharuddin S.ag., (Pabandya Puanter Sterdam lX/Udy).

Beberapa materi Binsiap Apwil & Puanter yang disampaikan diantaranya yaitu Netralitas TNI oleh Kapten Inf. Suliono, Sikap Teritorial oleh Kapten Inf. Martopo, Lima Kemampuan Teritorial oleh Kapten Inf. Lukman, dan materi Metode Binter oleh Kapten Inf. Wage Rudolf. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Sat Polair Polres Loteng Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu Damai 2024

Peristiwa

1,8 Milyar Lebih Dana Berhasil Dikumpulkan Dalam Aksi Bela Palestina di Alun-Alun Tastura Praya

Peristiwa

Alih Pungsi Lahan Pertanian di Kabupaten Lombok Tengah “Massive”

Peristiwa

Satgas Deteksi OMB Rinjani Loteng Amankan Kedatangan Logistik Pemilu

Peristiwa

Polisi Gencar Sosialisasi Penerimaan Anggota Polri Tahun 2024

Peristiwa

Beri Penghormatan Tiada Henti, Rachmat Hidayat Kunjungi Guru Semasa SMA

Peristiwa

Pastikan Keamanan Jelang WSBK 2023, Instansi Kemaritiman Gelar Patroli Bersama

Peristiwa

Ini Giat Rachmat Hidayat Sambut Hari Disabilitas Bagi Kursi Roda Di Lingkungan Gomong Lama Mataram