Home / Peristiwa

Senin, 5 Juni 2023 - 18:43 WIB

Binsiap Apwil Dan Puanter, Upaya Kodim 1620/Loteng Meningkatkan Profesionalisme Prajurit

Lombok Tengah, Tranews.net. Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) merupakan salah satu upaya Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) untuk meningkatkan profesionalisme aparat komando kewilayahan guna mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka mendukung pembangunan nasional.

Demikian dikatakan Dandim 1620/Lombok Tengah (Loteng) Letkol Kav. I F Andi Yusuf Kertanegara, dalam sambutan pembukanya saat Pelaksanaan Kegiatan Binsiap Apwil & Kemampuan Teritorial Kodim 1620/Loteng TA. 2023 di Aula Makodim, Praya, Senin (5/6).

Dandim menuturkan Binsiap Apwil & Puanter dilaksanakan untuk menyamakan misi Satuan dan langkah para prajurit dalam pengabdian kepada bangsa dan negara, melalui tugas pembinaan teritorial di wilayahnya, dan terpeliharanya kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Baca Juga :  Studium Generale, Prof Agus : Generasi Harus Miliki 4 Kecerdasan di Era 5.0

Selain itu, Dandim menyampaikan melalui kegiatan metode Binter di lapangan khususnya para Babinsa dapat meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja. Sehingga, kegiatan Binsiap Apwil & Puanter menjadi bekal tugas untuk melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan darat.

Menurutnya, Binsiap Apwil dan Puanter merupakan bagian penting bagi kesiapan seluruh aparat kewilayahan dalam menjalankan fungsi pembinaan teritorial yang sekaligus sebagai fungsi utama di TNI AD.

Lebih lanjut Dandim menegaskan beberapa penekanan kepada para prajurit untuk dijadikan pedoman dalam bertugas diantaranya, meningkatkan dan pelihara kesiapan sebagai aparat wilayah serta mantapkan kemampuan teritorial, meningkatkan kemampuan pemberian laporan kepada Koatas (Komando Atas) agar dapat di tindak lanjuti.

“Melalui kegiatan ini, kita akan mampu meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan di wilayah. Jadikan kegiatan ini, sebagai barometer untuk mengukur kesiapan kita selaku aparat kewilayahan, demi menunjang tugas pokok Satuan,” Ujarnya.

Baca Juga :  Kolaborasi Apik Kodim Loteng Bersama Kemhan Jaga Ketahanan Pangan Nasional dengan Tanam Jagung di Selong Belanak

Pelaksanaan kegiatan Binsiap Apwil & Puanter Kodim 1620/Loteng TA 2023 berjalan tertib, aman dan lancar, serta mendapat pengawasan dari Ketua Tim Wasgiat, Letkol lnf. Kaharuddin S.ag., (Pabandya Puanter Sterdam lX/Udy).

Beberapa materi Binsiap Apwil & Puanter yang disampaikan diantaranya yaitu Netralitas TNI oleh Kapten Inf. Suliono, Sikap Teritorial oleh Kapten Inf. Martopo, Lima Kemampuan Teritorial oleh Kapten Inf. Lukman, dan materi Metode Binter oleh Kapten Inf. Wage Rudolf. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Kapolda NTB Resmikan Gedung One Stop Police Service di Lombok Timur

Peristiwa

Sebar Bantuan Sembako, HBK Berbagi Kebahagiaan dengan Pasukan Kuning, Kusir Cidomo, dan Pedagang Asongan di Mataram

Peristiwa

Perbedaan Adalah Rahmad, Bukan Halangan Membangun Loteng ke Arah Yang Lebih Baik

Peristiwa

Riadis Sulhi Terpilih Kembali Nahkodai IJTI Pengda NTB Periode 2023 – 2027

Peristiwa

Kapolda NTB Raih Penghargaan Perlindungan Anak dan Perempuan

Peristiwa

Enterprenuer Muda Iman Suryo Wibowo, Gerakkan Paguyuban Bikers untuk Akselesari Pembangunan Kota Bima

Peristiwa

” Netralitas” Dalam Menghadapi Pemilu 2024 Dituntut Oleh Kapolres Loteng Kepada Personelnya

Peristiwa

Berikan Arahan Polisi Lingkungan Polresta Mataram, Djoko Poerwanto : Jadi Polisi Jangan Tanggung