Home / Peristiwa

Rabu, 20 Desember 2023 - 18:40 WIB

Baksos TNI AD Koramil 1620-04/Prabar Disambut Positif Warga Desa Kateng

Lombok Tengah. TRANEWS. Jajaran Komandan Rayon Militer (Danramil) 1620 – 04  / Loteng bersama sejumlah warga Desa Kateng, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah, menggelar bakti sosial (Baksos) membersihkan saluran sungai yang kerap menjadi penyebab terjadinya banjir  akibat sumbatan sampah pada jembatan penghubung antar dusun di jalan Embong Bombas, Penabu, Desa Kateng, Selasa 19 Desember 2023.

Komandan Kodim 1620 / Loteng Letkol. Kav Andi Yusuf Kartanegara, melalui Danramil 1620 -04/Praya Barat Kapten Inf Wage Rudolf S, mengaku kegiatan bakti sosial TNI AD yang di bantu Polisi, Sat Pol PP dan Badan Penanggualangan Bencana Daerah (BPBD) serta  masyarakat setempat merupakan bagian dari program TNI AD yang salah satunya yaitu mengayomi masyarakat.

“Selain menjaga keamanan dan ketertiban kami juga turut menjaga kelangsungan kondisi alam yang terjadi akibat adanya banjir, longsor di wilayah binaan,” katanya saat memimpin Bakti soasial Selasa (19/12) di Desa Kateng.

Menurutnya, sungai  dan jembatan penghubung antara dusun ini berada di jalan embung bombas, setiap tahun airnya naik ke jalan bahkan perkampungan warga sekitar yang disebabkan banyaknya sumbatan kayu, sampah yang datang ketika musim hujan tiba. Hal ini membuat pihaknya prihatin sehingga harus menjadi prioritas Bakti Sosial di wilayah binaan Koramil 04 / Praya Barat.

Baca Juga :  Ok Gass, Asosiasi Kecimol NTB Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

“Alhamdulillah kami mendapat bantuan alat berat dari pihak BWS, yang kami mamfaatkan untuk kelancaran Bakti Sosial,” tegasnya.

Ia berharap, setelah adanya kegiatan Bakti Sosial ini warga masyarakat setempat dihimbau untuk tidak melakukan penebangan pohon dan membuang sampah pada bukan tempatnya, karena hal itu dapat menjadi penyebab sumbatan aliran air pada kolom jembatan yang nengakibatkan banjir musiman. “Saya menghimbau bagi warga masyarakat tidak lagi membuang bekas tebangan kayu dan sampah ke aliran sungai, yang dapat menjadi sebab terjadinya jembatan tersumbat, ” pintanya.

Sementara itu tokoh masyarakat setempat, H Lalu Damanhuri, mengapresiasi program bakti sosial yang di inisiasi jajaran TNI AD untuk membersihkan sampah yang tersumbat di kolong jembatan yang kerap menjadi penyebab banjir di wilayah dusun setempat. Tidak hanya itu namun ia juga menyampaikan terimakasih yang sebesar besarnya atas inisiatip jajaran Koramil 1620 – 04 Praya Barat atas bantuan,  bimbingan dan arahan selama ini kepada warga desa kami.

Baca Juga :  Polda NTB Gelar Patroli 3 Pilar Pengamanan Natal 2023

Tumpukan sampah, kayu, pada kali yang menyebabkan sumbatan aliran air sungai pada jembatan ini sangat sulit diangkat dengan tenaga manual karena sudah menumpuk terlalu lama dan  bisa mengancam terputusnya jembatan akibat derasnya air yang sewaktu waktu datang di musim hujan tahun ini.

“Alhamdulillah Babinsa kami cukup tanggap dengan situasi yang ada, sehingga bisa menghadirkan alat  eksavator dalam kegiatan bakti sosial ini terlaksana setelah kami menyampaikan keluhan kepada Babinsa, ” sebutnya.

Kedepan ia berharap, sinergi antara Babinsa, Babinkamtibmas dan masyarakat sekitar harus tetap terpelihara dan berkesinabungan  agar lebih baik lagi. Untuk mewujudkan kecintaan masyarakat kepada TNI , Polri sebagai pengayom masyarakat. (red.TN).

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Tak Bisa Melaut karena Cuaca Buruk, HBK Salurkan Bantuan Sembako untuk Nelayan Pesisir Barat Kota Mataram

Peristiwa

Event Drag Race 459 2023 Digelar Sebagai Rangkaian HUT Loteng Ke- 78 Berlangsung Aman Dengan Pengawasan Polisi

Peristiwa

Kemampuan Bela Diri, 25 Personel Polres Lombok Utara Diuji

Peristiwa

Lautan Manusia Antusias Mengikuti Jalan Sehat Satu Abad NU di Loteng, Kendati Hujan Mengguyur

Peristiwa

Bambang Terpilih Sebagai TOP CEO BUMD 2023, PDAM TIARA Loteng Dapat Penghargaan Bintang 4 Top BUMD Awards 2023

Peristiwa

Cegah Faham Radikal, Lat Pra Ops Rinjani 2023 Di Gelar Polres Sumbawa

Peristiwa

Polda NTB Gelar Upacara Kenaikan Pangkat Anggota Polri dan PNS Polri

Peristiwa

Lina Asora Warga Negara Asal Norwegia Meninggal Akibat Laka Lantas Tunggal di Kuta